11.2 C
New York
Monday, April 22, 2024

Siaran TV Analog Ditutup di Medan, Banyak Warga Mengira TV-nya Rusak

Medan, MISTAR.ID

Siaran Televisi (TV) analog sudah tidak bisa lagi ditangkap di wilayah Kota Medan mulai hari ini, Senin (31/7/23). Masyarakat bisa kembali menikmati tayangan TV hanya jika menggunakan siaran digital dengan memasang Set Top Box (STB).

Sebelumnya, pemerintah secara resmi menghentikan siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) mulai tahun lalu secara bertahap dan beralih ke TV digital. Implementasi tersebut sesuai dengan amanat UU Cipta Kerja.

Peralihan siaran analog ke digital sempat menjadi perbincangan hangat oleh sejumlah warga Kota Medan. Bahkan banyak yang mengira bahwa TV-nya rusak karena tidak bisa menangkap siaran.

Baca Juga: Cara Mengubah Siaran TV Analog Menjadi Digital

“Pas mau hidupkan TV loh kok banyak semutnya (tidak ada siaran). Saya kira TV saya yang rusak. Tanya ke tetangga rupanya sama,” kata Sisu salah satu warga Medan pada Mistar, Senin (31/7/23).

Hal senada juga diungkapkan Miah. Awalnya ia juga mengira bahwa TV nya rusak. Namun beberapa menit kemudian, ia teringat bahwa sudah diberlakukannya siaran digital.

“Kok ginilah TV ini ku pikir. Udah merdeka kok masih besemut TV ini. Baru teringatlah aku udah gak dapat siaran lagi harus ganti antena digital. Udahlah keluar uang lagi lah ini,” bebernya.

Baca Juga: Nonton TV Digital Tanpa Set Top Box, ini Caranya!

Begitu juga yang dikatakan Musmar, yang sepulang kerja ingin menonton siaran TV di rumahnya. Tapi begitu televisinya dinyalakan, ternyata tidak ada siaran yang bisa didapat.

“Saya kira rusak TV ini. Maklumlah TV model lama. Ternyata sudah ganti sinyalnya ya. Berapalah harganya itu ya (STB),” katanya.

Adapun untuk STB sendiri sudah bisa didapatkan dengan harga bervariasi mulai dari seratus ribuan per unit di berbagai toko daring maupun luring. (Anita/hm22)

Related Articles

Latest Articles