18.6 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Pendaftar SNBP 2024 Unimed Capai 25.768, Berikut 10 Prodi Favoritnya

Medan, MISTAR.ID

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)  2024 resmi ditutup oleh panitia pusat, terdata sebanyak 25.768 orang yang mendaftarkan dirinya ke Universitas Negeri Medan (Unimed) dari seluruh provinsi di Indonesia.

Berdasarkan informasi yang diberikan Kepala Humas Unimed, M. Surip dalam prosedur dan ketentuan, Unimed hanya menerima 2645 mahasiswa baru jalur SNBP tersebut dengan 55 prodi yang tersedia.

Menurut data pendaftar tersebut ada sepuluh prodi dengan peminat yang tinggi, yaitu 1) Prodi PGSD FIP, 2) Prodi Manajemen FE, 3) Prodi Ilmu Komputer FMIPA, 4) Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling FIP, 5) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS, 6) Prodi GIZI FT, 7) Prodi Akuntansi FE, 8) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS, 9) Prodi Pendidikan TIK FT, dan 10) Prodi Pendidikan Tata Boga FT.

Baca juga:SNBP 2024, UI Buka Kuota 2.105 Mahasiswa Baru

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unimed tercatat sebagai prodi favorit disetiap tahunnya melalui semua jalur penerimaan mahasiswa baru. Hal ini berarti banyak masyarakat yang berminat ingin kuliah di Prodi Unimed. Bisa jadi karena peluang kerja pada lulusan prodi PGSD yang menjanjikan.

Semenetara itu, Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, S.T., M.Pd. dikantornya mengatakan, dari 55 Prodi yang dibuka melalui jalur SNBP terdata pendaftarnya cukup tinggi.

“Sedangkan setiap Prodinya kita hanya menerima ± 50-100 mahasiswa baru. Dalam hal ini ada lima Prodi dengan pendaftar tertinggi yang menjadi Prodi favorit bagi pendaftar jalur SNBP ini, yaitu : PGSD, Manajemen, Ilmu Komputer, Pend. BK, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,” ungkapnya.

Lanjut Prof. Baharuddin, berdasarkan jumlah pendaftar terbanyak prodi tersebut memang sangat diminati oleh masyarakat.

Baca juga:Ada 3 Jenis Kurikulum Nasional Mendukung SNBP

“Bisa jadi mendapatkan peluang kerja setelah lulus nantinya. Unimed akan terus menata segala lini untuk kemajuan Unimed menjadi universitas terbaik, bermutu dan berdaya saing. Upaya keseriusan kita telah ada dari sisi hasil akreditasi semua Prodi sudah 65 % akreditasi Unggul/A, Prodi yang lain sedang proses kita arahkan untuk memperoleh akreditasi Unggul semuanya,” tuturnya.

Sementara itu, Unimed juga telah menerapkan kurikulum berbasis OBE disemua program studi, agar semua lulusan Unimed memiliki kompetensi dan skill yang dibutuhkan dunia kerja.

“Kita akan terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai leembaga, seperti dunia industri dan dunia usaha dalam mensukseskan program BMKM dan tentunya mendukung kemajuan Unimed dengan memberi akses semudah mungkin agar lulusan kita memperoleh pekerjaan yang terbaik,” tambahnya.

sebagai informasi lebih lanjut Jalur SNBP akan diumumkan secara online pada 26 Maret 2024, Pukul 15.00 WIB. (dinda/hm18)

Related Articles

Latest Articles