20.5 C
New York
Friday, August 9, 2024

Pelayanan Kesehatan Meningkat, Pemko Medan Raih UHC Awards 2024

Jakarta, MISTAR.ID

BPJS Kesehatan memberikan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) kepada 493 kepala daerah dalam acara UHC Awards 2024 di The Krakatau Grand Ballroom TMII, Kamis (8/8/24). Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin.

Wali Kota Medan Bobby Nasution bersyukur dengan raihan ini sembari bertekad untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan di Kota Medan.

“Berkat komitmen tinggi, sinergi dan kolaborasi seluruh pihak, Pemko Medan telah menerima Penghargaan UHC (Universal Health Corverage) Award 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Kota Medan atas tingginya progres terhadap pelayanan kesehatan,” kata Bobby.

Baca Juga : Sejak 2022, Pemko Medan Sudah Tangani Lebih 80 Persen Kasus TB

Dalam upaya meningkatkan layanan kesehatan, Pemko Medan sendiri telah menjalankan sistem UHC melalui program JKMB, yaitu masyarakat terutama yang kurang mampu secara ekonomi dapat berobat secara gratis dengan hanya menggunakan KTP.

“Penghargaan ini adalah motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif dan bermutu. Ini juga menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan capaian cakupan semesta jaminan kesehatan atau UHC,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS kesehatan, Ali Ghufron Mukti menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi bagi pemerintah daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang telah mencapai cakupan UHC dan berkomitmen mendukung program JKN.

“Terdapat 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota, 96 kota, 364 kabupaten yang telah berhasil mewujudkan UHC di wilayahnya dengan cakupan kepesertaan JKN lebih dari 95 persen dari total penduduk,” jelasnya. (rahmad/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles