16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

LPPM Unimed Adakan Peningkatan Kualitas Mutu Penelitian Dosen

Medan, MISTAR.ID

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan mengadakan kegiatan Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Pendanaan Eksternal Tahun 2024 dan Perlindungan Kekayaan Intelektual. kegiatan ini diadakan di Ruang Aula Digital Library lt.4 Unimed pada Selasa (05/12/23).

Acara ini dibuka langsung Oleh Rektor Unimed, Prof. Baharuddin,  Turut pula diikuti oleh Wakil Rektor, Sekretaris Senat Unimed, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga dan para Dosen di lingkungan Unimed. Pada kegiatan ini juga mengundang narasumber Prof. Syawal Gultom, (Ketua Senat Unimed), Prof. Faiz Syuaib, (Direktur DRTPM Diktiristek) dan Min Usihen (Direktur Jenderal DJKI).

Baca juga: Mengurai Isu Rudapaksa, Ketua Satuan Tugas PPKS Unimed Bicara Pendidikan dan Ancaman Digital

Rektor Unimed Prof. Baharuddin, menyampaikan apresiasi pada pembukaannya acara, “Saya mewakili pimpinan mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh peserta, dan terima kasih atas kesediaan para narasumber kita pada kegiatan ini. Serta terima kasih juga kepada panitian LPPM dan seluruh peserta yang telah meluangkan waktu mengikuti kegiatan ini. Kita sama-sama berharap, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita bersama, dan akan berdampak positif bagi peningkatan produktivitas dosen dalam memenangkan hibah penelitian dan pengabdian pada masyarakat di tahun 2024 nanti,” ucapnya saat pembukaan.

Lanjutnya rektor berharap kepada dosen yang hadir di kegiatan ini, agar bisa lebih fokus dan merencanakan secara matang, lalu agar usulan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara substansi dan tema sesuai dengan pedoman di pusat.

“Jangan pula semua proposal yang kita nanti ajukan, dari sisi substansi sistematika proposalnya saja sudah tidak sesuai, bagaimana bisa bersaing dengan semua dosen dari seluruh Indonesia,” ujarnya

Baca juga:Mahasiswa PKO Unimed di Cabor Basket, Raih Prestasi di Kejurnas

Lanjutnya rektor berkata, agar lebih fokus dan terus bekerjasama untuk pencapaian harapan tersebut.

“Jika kita fokus dan terus bekerjasama, dan berkolabosari, saya yakin harapan kita ini dapat kita capai bersama. Saya juga berharap, LPPM dapat membantu untuk menjembatani para dosen agar dalam penyusunan proposal dan temanya sudah disesuaikan dengan kebijakan panitia di kementerian,” harapnya lagi pada LPPM.

Sambunya, “sehinga kita tahun 2024 nanti bisa bersaing secara nasional, dan kita berharap capaian peningkatan kualitas dan kuantitas dosen yang memenangkan dana hibah penelitian dan pengabdian pada masyarakat tahun 2024 akan meningkat dengan baik”. Lanjut Rektor.

Ketua LPPM Unimed Dr. Hesti Fibriasari menyampaikan dalam laporannya, “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya LPPM Unimed untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi para dosen peneliti, dan abdimas dalam menghasilkan karya ilmiah yang bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat, serta mendapatkan dukungan dana dari sumber-sumber eksternal, baik nasional maupun internasional” sampainya pada seluruh audiens.

Baca juga: Mahasiswa Unimed Diingatkan Hindari Cancel Culture di Era Digitalisasi

Hesti menyampaikan bahwa penelitian tersebut didanai oleh Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM).

“Penelitian yang didanai DRTPM berjumlah 23 judul dan PKM berjumlah 3 judul. Selain itu penelitian yang didanai PNBP berjumlah 619 judul dan PKM berjumlah 170 judul. Tahun ini Unimed meraih paten sebanyak 24 sertifikat dan hak cipta sebanyak 447 sertifikat. Dan dalam kegiatan ini juga menyerahkan 11 sertifikat paten”. Tutup Ketua LPPM. (Dinda/.hm17)

Related Articles

Latest Articles