22.6 C
New York
Monday, July 1, 2024

Lewat Kolaborasi Budaya Medan, Pemko Jaga Kelestarian Budaya

Medan, MISTAR.ID

Menjaga kelestarian sekaligus pengenalan budaya di kalangan anak-anak gen Z, Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan rutin menggelar pertunjukkan kebudayaan di kawasan Kesawan Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Medan Barat.

Dalam kegiatan tersebut, pertunjukkan kebudayaan yang ditampilkan pun berganti-ganti setiap minggunya.

“Jadi ini program baru Disdikbud Medan untuk pelestarian kebudayaan. Kegiatan ini sudah berlangsung sebulan belakangan di kawasan Kesawan,” ucap Kadisdikbud Medan, Benny Sinomba Siregar melalui Kabid Kebudayaan, OK Zulfani Anhar saat diwawancarai mistar.id, Senin (1/7/24).

Dijelaskan OK, pada minggu pertama, pihaknya menggelar pertunjukkan kebudayaan dari adat Batak Toba. Lalu pada minggu kedua kebudayaan dari adat Mandailing dan minggu ketiga dari adat Melayu.

Baca juga: Di Perayaan HUT Kota Medan, Zulhas Tegaskan Dukung Bobby Jadi Gubernur

“Jadi tarian-tarian yang ditampilkan dilakukan adik-adik kita dari SMPN di Kota Medan. Alasan kita memilih lokasi pertunjukan di Kesawan lantaran kawasan tersebut terkenal dengan cagar budayanya,” jelas OK.

Sejauh ini, kata OK, antusias masyarakat sangat tinggi menyaksikan pertunjukan yang digelar. Bahkan, wisatawan asing juga turut menyaksikan hingga mencoba memainkan alat musik tradisional.

“Jadi kegiatan kita lakukan setiap hari Sabtu malam. Dengan tingginya antusias dan harapan masyarakat, kami juga akan semakin bersemangat menampilkan pertunjukan berkualitas,” pungkasnya.

Salah satu tokoh masyarakat, Dullah berharap pertunjukan kebudayaan yang digelar bisa menjadi agenda rutin Pemko Medan.

“Ini harus sering dibuat, biar kami orang Medan punya nostalgia menikmati keindahan budaya Kota Medan,” tutup pria 65 tahun ini. (rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles