5.9 C
New York
Monday, April 22, 2024

Komisi IV DPRD Medan Siap Fasilitasi Masyarakat dengan Pemko untuk Kelola Sampah Jadi Ekonomis

Medan, MISTAR.ID

Ketua Komisi IV DPRD Medan, Haris Kelana Damanik mengajak seluruh masyarakat khususnya yang bertempat tinggal di kawasan Medan Utara untuk menjaga kebersihan dengan cara mengelola sampah dimulai dari rumah tangga. Sampah-sampah tersebut akan memiliki nilai ekonomis jika paham cara mengolahnya.

Haris menyampaikan hal itu saat menggelar sosialisasi Perda Kota Medan Nomor 6 tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan di Jalan Abdul Sani Muthalib, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Minggu (21/4/24) kemarin.

Baca juga: DPRD Medan Usulkan Perda Pengelolaan Persampahan Diubah

“Banyak yang bisa dihasilkan dari sampah kering maupun basah, seperti kerajinan tangan dan pupuk organik. Tinggal kita saja maunya yang mana untuk diseriusi,” ungkapnya.

Haris memastikan, pihaknya menjadi jembatan komunikasi dengan Pemko Medan untuk memberikan pelatihan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang serius mengelola sampah di lingkungan masing-masing.

“Mengelola sampah gak cukup dengan 3R (reuse, reduce dan recyle), tapi komitmen dari masyarakat itu sendiri. Karena itu, saya meminta seluruh masyarakat untuk komitmen dan konsisten dan siap nyatakan perang terhadap sampah,” pungkasnya. (Rahmad/hm22)

Related Articles

Latest Articles