19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Haffa Fatir Raih Terbaik Tilawah Putra di MTQ YHA IV

Medan, MISTAR.ID

Haffa Fatir Rahim (10) anak bungsu dari tiga bersaudara pasangan Nur Hidayatullah dan Khadijah, akhirnya menjadi yang terbaik pada golongan tilawah putra Musabaqah Tilawah Alquran (MTQ) Yayasan Haji Anif (YHA) IV.

Capaian ini diraih Haffa setelah sebelumnya gagal di MTQ YHA II dan III, Ia terus berlatih hingga akhirnya berhasil di tahuh 2023.

“Alhamdulilah, senang bisa menang, ini sudah ketiga kalinya ikut dan tahun ini baru menang,” ujar Haffa, sebelum naik ke atas panggung untuk menerima piala dan hadiah di acara penutupan MTQ YHA di Masjid Al-Musannif Cemara, Sabtu (8/4/23) malam.

Baca juga:MTQ YHA, Ijeck Ikut Uji Peserta Tahfidz Bernama Hanif

Haffa mengaku telah menghafal sebanyak 3 juz dan telah memulai belajar tilawah di usia 5 tahun dengan bantuan guru ngaji dan juga kedua saudara kandungnya yang juga telah beberapa kali mengikuti perlombaan MTQ baik tingkat Provinsi dan Nasional.

“Selama ini belajar sama guru ngaji dan rutin mengulang di rumah bareng kakak dan abang. Tiga kali sehari, pagi, siang dan malam,” ujarnya berbagi tips.

Haffa berharap bisa kembali mengikuti MTQ YHA dengan kategori yang berbeda. “Semoga MTQ Yayasan Haji Anif bisa terus dilaksanakan dan saya bisa ikut lagi dalam kategori yang lain karena kalau sudah menang tidak boleh lagi ikut lagi dengan golongan yang sama,” harapnya.

Ketua Umum YHA Musa Rajekshah yang biasa disebut Ijeck memberikan apresiasi, Minggu (9/4/23). Ia berharap melalui kegiatan MTQ ini banyak generasi yang mencintai Alquran dan bisa memaknai isi Alquran karena  semua yakin bahwa tuntunan hidup itu semua ada di Alquran. .

Kesempatan itu, Ijeck juga sedikit mengisahkan kembali perjalanan MTQ yang digagas almarhum ayahnya Haji Anif. “MTQ ini amanah dari almarhum dari awal untuk pelaksanaan MTQ sekalian memperingati ulang tahunnya tepat di tanggal 23 Maret,” ujar Ijeck, usai membuka MTQ Tahfizh Alquran dan Sholawat Asyghil YHA IV. Ijeck berharap ia bersama keluarga bisa terus melanjutkan amanah almarhum.

Sementara itu Wakapolda Sumut Brigjen Pol Jawari juga berharap seluruh pemenang menjadi generasi muda yang hebat dan ke depan prestasinya bisa meningkat baik di tingkat nasional hingga internasional.

Ketua Panitia MTQ YHA Ustaz Sugeng Wanto menambahkan melalui MTQ ini tampak bermunculan talenta-talenta baru yang ke depan dipercaya bisa mengharumkan nama Provinsi Sumut.

Baca juga:MTQ YHA ke-4, Ijeck Berharap Generasi Muda Sumut Cinta Alquran

“Alhamdulillah, dari babak final yang sudah berlangsung nampak bermunculan talenta baru qari/qoriah dan hafiz/hafizah yang InsyaAllah bisa mengharumkan nama Provinsi Sumatera Utara di masa akan datang dan terutama insya Allah akan menjadi generasi yang Qurani dan Robbani,” tutupnya.

Tampak hadir dalam acara, anak hingga cucu Almarhum H Anif, Kepala Bank Indonesia Sumut Doddy Zulverdi, Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Konsul Jenderal Malaysia di Medan Aiyub Omar, Para Pimpinan Pondok Pesantren, perwakilan dari beberapa organisasi Islam dan lainnya. (anita/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles