11.6 C
New York
Monday, May 6, 2024

Dinkes Medan Sasar 18.195 Anak SD Peroleh Vaksin HPV

Medan, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan Medan tengah gencar melakukan vaksin Human Papillomavirus (HPV) kepada anak berumur 11 atau kelas 5 SD hingga November mendatang sebagai bagian dari rangkaian Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).  Sasaran untuk vaksin HPV di Kota Medan sebanyak 18.195 anak.

“Hingga saat ini pelaksanaan masih terus berjalan dan data capaian masih belum dilaporkan oleh puskesmas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Medan, dr Taufik Ririansyah, Selasa (12/9/23).

Taufik menambahkan pihaknya terus mengimbau agar semua orang tua murid SD terutama anak kelas 5 SD untuk mengizinkan anak-anaknya terutama yang siswi untuk diberikan vaksin HPV di sekolah.

Baca juga: Cegah Kanker Serviks, Pemko Siantar Genjot Vaksinasi HPV Pada Anak 11 Tahun

“Vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit kanker serviks. Vaksin ini juga diberikan secara gratis. Kami harapkan anak-anak usia 11 tahun atau siswi kelas 5 SD bisa memperoleh vaksin ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan pemberian vaksin HPV untuk mencegah meningkatnya penyakit kanker serviks bagi kaum perempuan sejak dini. Pemberian ini dilakukan sebanyak dua kali dengan jarak interval 1 tahun sejak dosis pertama disuntikan.

“Jadi kita harapkan seluruh anak perempuan usia 11 sampai 12 tahun wajib mendapatkan ini. Baik di sekolah maupun di luar sekolah, seperti anak jalanan, anak panti asuhan, tahanan anak, pengungsi, anak putus sekolah dan berkebutuhan khusus sehingga mereka terhindar dari penyakit kanker serviks,” sebutnya.

Baca juga: Kurangi Dampak Penularan, Pemko Medan Gencar Lakukan Vaksin Rabies

Saat ini, Pemprov Sumut melalui Dinas Kesehatan Sumut menargetkan sebanyak 135.445 anak perempuan mendapatkan vaksin HPV ini secara gratis.

Perlu diketahui, vaksin HPV penting diberikan sejak dini guna mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh virus HPV termasuk kanker serviks. Diketahui, kanker serviks merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pada wanita. (Anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles