9.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Dinkes Medan Imbau Warga Waspada DBD dan Diare di Musim Hujan

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Taufik Ririansyah MKM mengimbau warga untuk mewaspadai penyakit menular seperti DBD pada musim hujan ini.

Taufik mengatakan, di musim hujan seperti saat ini banyak genangan air atau benda-benda yang akan menjadi wadah penampung air.

“Kita akan meminta agar tolong diaktikan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di setiap rumah. Ada 3 yang perlu dilakukan menutup, menguras air yang tergenang dan mendaur ulang barang-barang yang menyebabkan ternak jentik nyamuk,” kata Taufik, Kamis (23/11/23).

Baca Juga: DPRD Desak Pemko Terus Kejar Investor Untuk Medan Zoo

Selain DBD, pada musim penghujan ini, sebut Taufik, gangguan saluran pencernaan pada manusia, seperti diare, juga harus diwaspadai.

“Maka kita minta pada masyarakat untuk menjaga kebersihan sekitar lingkungan kita. Karena saat hujan air tergenang yang membuat parit sumbat sehingga menjadi tempat bakteri berkumpul karena situasi lembab,” bebernya.

Ia juga mengimbau warga mengantisipasi penyakit menular lainnya seperti batuk, flu dan ISPA dengan sering mengonsumsi buah, makanan bergizi, vitamin dan bisa juga dengan melakukan olahraga ringan.

“Karena saat ini pun cuaca juga bisa dibilang tidak stabil. Beberapa hari ini hujan lalu tiba-tiba nanti cerah,” terangnya.

Baca Juga: Dinkes Medan Ingin Wujudkan Masyarakat yang Lebih Sehat dan Kuat

Saat ditanya terkait nyamuk wolbachia, Taufik mengaku belum bisa mengomentari hal ini lantaran Dinkes Kota Medan belum menerima surat edaran dari Kementerian Kesehatan.

“Sampai saat ini belum ada surat resmi terkait itu (nyamuk wolbachia). Masih dari pernyataan dari pihak Menkes saja saat ini kan di kita belum ada saat ini. Kita juga masih dengar dari media YouTube juga mengenai isu itu. Hasilnya bagaiamana secara resmi belum ada kita lihat. Jadi belum bisa kita komentari,” pungkasnya. (Anita/hm22)

Related Articles

Latest Articles