24.5 C
New York
Friday, May 3, 2024

Dampak Bullying, Psikolog: Rentan Memandang Dirinya Tak Berharga

Medan, MISTAR.ID

Bullying atau penindasan kerap terjadi di kalangan anak-anak. Hal ini tentunya dapat menimbulkan dampak negatif bagi para korban yang terkena bullying.

Psikolog Klinis, Dhebby Edriany menjelaskan secara umum dampak negatif bullying dapat menyebabkan korban tidak percaya diri.

“Dampaknya tentu berbeda-beda, tergantung dari tingkat pembullyan dan tingkat umurnya, apakah ia masih dalam pertumbuhan atau sudah perkuliahan. Namun secara umum dampak yang sering terjadi adalah selalu menganggap dirinya tidak berharga,” ujarnya pada mistar.id di Digital Library Unimed, Selasa (28/11/23).

Baca juga : Psikolog: Perundungan Perlu Penanganan Serius dari Berbagai Pihak

Dhebby juga mengatakan proses bully dilakukan dalam kurun waktu tertentu secara terus menerus dan menimbulkan dampak yang mendalam. Berbeda dengan tindakan kekerasan.

“Nah jadi kita harus tau dulu, kalau bully itu biasanya dalam jangka waktu yang lama. Misalnya ada yang bilang gendut ke temannya namun hanya sekali dilakukan itu merupakan ejekan sosial belum termasuk bully. Tapi kalau kita bilang dalam jangka waktu 3 tahun dan setiap lewat di ejek. Nah itu baru ngebully,” sebutnya.

Related Articles

Latest Articles