13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Cek Kesiapan Arus Mudik, Ombudsman Sidak Kantor Dishub Sumut

Medan, MISTAR.ID

Dalam rangka melihat kesiapan arus mudik saat Lebaran 1445 Hijriah nantinya, Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara (Sumut) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut, pada Jumat (5/4/24).

Sidak ini dilakukan untuk mengawasi kesiapan pemerintah dalam mengendalikan arus mudik menjelang Idul Fitri 1445 H. Sidak ini dilakukan oleh Asisten Muda Ombudsman, Ricky Nelson Hutahaean bersama rekan-rekannya.

Saat kunjungan, Ricky memberikan apresiasi atas langkah-langkah antisipasi yang dilakukan Dishub Sumut dalam mempersiapkan pelayanan mudik tahun 2024.

Baca juga:Ombudsman Sumut Akan Nilai Pelayanan Publik Pemkab Simalungun

“Dari sidak ini, kami melihat dan memperoleh banyak informasi. Kesiapan Dishub Sumut sudah sangat baik dan telah berkoordinasi juga dengan pihak kepolisian, Jasa Marga, Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Sumut serta Jasa Raharja. Tapi masih ada yang harus diperhatikan lebih lanjut,” ujarnya.

Ricky menyampaikan, Dishub Sumut juga telah melakukan kesiapan dalam mengantisipasi gangguan bencana alam di daerah rawan bencana.

“Dishub Sumut telah melakukan penanganan awal seperti memasang rambu-rambu keselamatan di titik rawan longsor, kecelakaan dan rawan kemacetan. Walaupun sudah dilakukan secara ketat, tapi masih ada aspek teknis yang perlu disempurnakan,” ungkap Ricky.

Pihak Ombudsman juga menilai kesiapan dan pengawasan terhadap angkutan kendaraan seperti angkutan bus.

Baca juga:Laporkan Pasiennya ke Polisi, Ombudsman Sumut Sesalkan Sikap Pimpinan RSUD Dr Tengku Mansyur

“Soal naik turun penumpang di pool bus juga sudah banyak perubahan dengan penegasan Dishub Sumut soal naik turun penumpang determinasi telah berhasil menekan kemacetan lalu lintas (lalin),” jelasnya.

Dengan dilakukannya sidak ini, Ombudsman berharap hal ini dapat memberikan masukan pada Dishub Sumut dalam mempersiapkan arus mudik agar berjalan lancar.

Kedatangan tim Ombudsman disambut Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut, Agustinus Panjaitan. Ia menyampaikan terima kasih kepada Ombudsman, karena telah melakukan pengawasan terhadap pihaknya dalam memberikan pelayanan terbaik saat mudik Lebaran.

“Kita harus bisa memastikan para pemudik dapat menyampaikan keluhan sebagai masyarakat pengguna jasa transportasi. Semoga dengan masukan ini, dapat secara cepat kita respon keluhan masyarakat,” harapnya. (dinda/hm16)

Related Articles

Latest Articles