6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Buat Resah Warga Marelan, Monyet Ekor Panjang Diamankan BKSDA Sumut

Medan, MISTAR.ID

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara (Sumut) mengevakuasi Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) yang kerap muncul di pemukiman warga di Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan.

Hewan primata itu selama ini kerap muncul di perumahan Royal Mension dan dianggap meresahkan masyarakat yang bermukim di sana. BKSDA Sumut melalui petugas Seksi Konservasi Wilayah II Stabat pun sudah beberapa kali melakukan pengusiran, namun gagal.

Kepala Subbag Data, Evlap dan Kehumasan BKSDA Sumut Andoko Hidayat mengatakan, dalam evakuasi yang dilakukan awal Desember lalu itu, pihaknya merangkul mitra kerja sama Yayasan Scorpion Indonesia.

Baca juga:BKSDA Sumut Imbau Masyarakat Waspada, Pasca Kemunculan Harimau Sumatera di Perkebunan Sawit di Tapsel

“Beberapa kali dilakukan evakuasi, namun berulang kali pula Monyet Ekor Panjang itu datang kembali dan mengganggu warga,” ujarnya, Senin (12/12/22).

Akhirnya petugas memasang kandang perangkap untuk memancing satwa liar tersebut masuk dalam kandang. Upaya itu berhasil, Monyet Ekor Panjang berukuran sedang itu pun masuk ke dalam perangkap petugas.

“Sempat berusaha meronta untuk keluar dari kandang, namun tidak bisa,” katanya.

Baca juga:Beruang Madu Terjerat di Desa Mondang Tapsel Dievakuasi BKSDA Sumut

Setelah berhasil masuk perangkap, petugas kemudian membawa satu individu Monyet Ekor Panjang itu ke kantor Yayasan Scorpion Indonesia untuk dirawat medis dan direhabilitasi sampai nantinya siap untuk dilepasliarkan kembali ke habitatnya.

“Terima kasih kepada masyarakat yang tidak melakukan tindakan kekerasan untuk menghalau satwa liar yang dilindungi UU tersebut,” tukasnya. (ial/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles