6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Besok, Ada Gerakan Pangan Murah di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Badan Pangan Nasional dan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar gerakan pangan murah besok atau Senin (26/6/23).

Dikatakan Kabid Ketahanan Pangan, Heru Suwondo kegiatan ini akan dimulai sejak pukul 08.00 WIB yang akan digelar di Toko Tani Center Indonesia No 24 Jalan AH Nasution Medan sebelah Dinas Perkebunan dan Peternakan Provsu.

“Sebenarnya ini kegiatan secara nasional ada 34 titik di provinsi Indonesia yang melaksanakan ini. Salah satunya kota di Provinsi Sumut ada 12 titik termasuk provinsi yang menggelar ini diantaranya Labura, Madina, Padang Sidempuan, Medan, Pematang Siantar, Gunungsitoli, Taput, Sibolga, Tapsel, Toba dan Humbahas dimana di daerah ini ada yang digelar di lapangan atau di kantor,” jelas Heru pada Mistar, Minggu (25/6/23).

Baca juga : Jelang Idul Adha, Pemko Medan Gelar Gerakan Pangan Murah

Adapun kegiatan ini melibatkan stakeholder seperti Bank Indonesia, Bulog, ID Food dan lainnya. “Kalau BI ada binaan UMKM juga kan maka ada UMKM juga di pasar ini dan barang-barang yang dijual dengan harga yang murah. Selain itu, ada 12 bapokting kita seperti cabai merah, bawang merah, dan lainnya,” terangnya.

Dijelaskannya sedikit kegiatan ini merupakan ajang dari Badan Pangan Nasional. Sehingga dalam pembukaan besok akan dihadiri secara online atau zoom oleh beberapa menteri.

“Ini seperti pasar murah biasa memang. Digelar hanya satu hari saja dan serentak di sekian provinsi tadi. Tujuannya untuk stabilitas pangan dan harga pangan di Indonesia termasuk Provinsi Sumut,” sebutnya.

Terpisah, Deputi Bank Indonesia (BI) Sumut, Ibrahim mengatakan bahwa BI Sumut ikut berkontribusi pada acara tersebut. Gerakan Pasar Murah ini digelar serentak di provinsi dan kabupaten/kota m di dinas masing-masing.

“Kegiatan ini meyakinkan masyarakat bahwa pasokan pangan kita cukup. Maka masyarakat diimbau jangan memborong di luar kebutuhan kita. Dan ini juga salah satu bentuk menekan inflasi,” pungkasnya. (Anita/hm19)

 

Related Articles

Latest Articles