13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Bantu Warga Medan, Pegadaian Berangkatkan 220 Orang Melalui Mudik Gratis

Medan, MISTAR.ID

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN menginisiasi kembali mudik gratis di 2024, salah satunya melalui PT Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) I Medan mengajak nasabah dan masyarakat untuk mendaftar di Mudik Asyik Bersama BUMN 2024.

Dikatakan Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil I Medan, Beni Martini Maulan, ada sebanyak 220 orang yang akan diberangkatkan mudik hari ini, Kamis (4/4/24) dengan menggunakan 6 unit bus.

“Ada 6 tujuan lokasi mudik 2024 yakni Padang, Padangsidimpuan, Panyabungan, Rantau Prapat, Pekanbaru dan Aceh. Tujuannya salah satunya ingin membantu masyarakat secara luas yang kekurangan akses dalam moda transportasi untuk berangkat mudik. Sehingga mereka bisa berjumpa dengan sanak-saudara di kampung halaman,” kata Beni pada wartawan.

Baca juga:Hari Ini Mudik Gratis Polda Sumut Diberangkatkan dari Jakarta

Kegiatan ini disebutkan Beni, menjadi momentum bisa berbagi untuk mewujudkan niat baik pada masyarakat dan nasabah PT Pegadaian. Disampaikan, jauh-jauh hari pihaknya juga sudah buat program Festival Ramadhan, di mana ada 1.000 paket sembako gratis dibagikan pada masyarakat. Lalu bantuan pada anak-anak panti asuhan dan warga kurang mampu.

“Kita berharap, yang ikut mudik baik nasabah dan masyarakat bisa menikmati dan puas. Apalagi kemarin kita buka pendaftaran langsung full kuota di hari kedua. Intinya mereka yang mudik ini logistiknya kita sediakan, lalu koper telah disusun rapi dan diberi tanda agar tidak tertukar,” jelas Beni.

Tahun ini bertambah 1 bus, di mana tahun lalu hanya 5 bus saja dan kini menjadi 6 bus.

“Terkait tujuan lokasi mudik ini adalah saran dari nasabah. Kita buat kuesioner dan meminta bantuan memilih lokasi mudik. Selamat mudik, selamat dan lancar di perjalanan dan selamat bertemu dan berkumpul keluarga nantinya,” sebut Beni, seraya mengatakan hanya menyediakan keberangkatan mudik saja.

Baca juga:Dishub Sumut Rincikan Rangkaian Angkutan Lebaran dan Mudik Gratis

Ikut melepas para pemudik, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Medan diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Keselamatan, Richard Edy juga mengucapkan selamat mudik dan mendoakan agar pemudik selama di perjalanan lancar. Ia juga mengucapkan terima kasih pada BUMN, terutama PT Pegadaian Kanwil I Medan.

“Begitu juga dengan ibadah puasa pemudik bisa lancar bisa sampai pada saat berbuka. Terkait mudik ini, Pemko Medan juga menyediakan mudik gratis berjumlah 6.000 kuota, dengan tujuan 12 lokasi namun hanya wilayah Sumut saja paling jauh sampai Mandailing Natal (Madina),” terangnya.

Ditambahkan, mudik gratis ini juga bisa mengurangi angka kemacetan di jalan dan angka kecelakaan. Ia juga berpesan pada sopir bus, dalam menjalankan kendaraan untuk mengutamakan keselamatan daripada kecepatan.

“Pada pemudik juga tolong barang-barangnya untuk diperhatikan agar tidak hilang dan tertukar. Jangan gunakan barang mencolok, mengingat kejahatan bisa saja terjadi,” ujar Richard.

Baca juga:1.000 Kuota Mudik Gratis Disediakan PLN, Bisa Naik Bus atau Kereta Api

Salah satu pemudik bernama Ina mengatakan, terbantu dengan adanya mudik gratis ini karena menjadi lebih hemat.

“Saya mau mudik ke Padang. Alhamdulillah cukup membantu kali lah. Kami saja sudah 3 orang yang berangkat dari Kota Medan, sudah berapa itu uangnya kalau beli tiket sendiri,” pungkasnya. (anita/hm16)

Related Articles

Latest Articles