9.8 C
New York
Friday, April 26, 2024

Dinkes Medan Ingatkan Pemudik Cukup Istirahat Selama Perjalanan

Medan, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan mengingatkan para pemudik Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi untuk menjaga kesehatan selama di perjalanan.

Bahkan bagi masyarakat yang membawa kendaraan sendiri disarankan untuk istirahat yang cukup.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Medan, Taufik Ririansyah melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencegahan Penyakit (P2P), Pocut Fatimah di H-1 Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Baca juga:Jalan Rusak Parah, Pemudik Harus Berhati-hati saat Melintas di Jalinsum Medan-Padang Batu Jomba

“Jaga kesehatan sebelum, selama dan sampai tempat tujuan. Istirahat yang cukup, apalagi membawa kendaraan, jangan dipaksakan bila mengantuk. Istirahat segera, bila sudah lebih segar, silahkan lanjutkan perjalanan,” tegas Pocut, pada Selasa (9/4/24).

Lanjutnya, bila mudik dalam waktu yang cukup lama sebaiknya bak air kamar mandi dikosongkan, agar tidak menjadi tempat perindukan nyamuk.

“Buanglah sampah pada tempatnya, terutama sampah makanan, bila berserakan bisa mengundang lalat, semut atau tikus,” imbau Pocut.

Selama Lebaran nanti diingatkan juga untuk menjaga makanan, terutama bagi masyarakat yang memiliki penyakit penyerta. “Jadi tetap dijaga gizi berimbang, makan jangan lah berlebihan. Karena saat Lebaran banyak sekali makanan,” tambahnya.

Baca juga:Fokus Lensa: Puluhan Ribu Pemudik Padati Bandara Kualanamu

Di sisi lain, untuk pemudik yang merasa kurang sehat, Dinkes Kota Medan menyediakan 1 unit mobil ambulans dalam kegiatan Pos Pengamanan (Pospam) Ketupat Toba Tahun 2024.

“Di Kota Medan kita hadir dengan ambulance dari puskesmas yang telah terbagi jadwalnya di Pospam,” ujar Pocut.

Pihaknya hadir di Pospam GOR Angsapura Jalan A R Hakim, di Medan Mall Jalan MT Haryono, di Simpang Cemara Jalan Cemara, depan Bank Mandiri Jalan Pulau Pinang, di Plaza Medan Fair (Carefour) Jalan Gatot Subroto, Ex Aksara Jalan Wiliem Iskandar, Indogrosir Jalan SM Raja, Meteolink Jalan AH Nasution, RCW Jalan Ringroad dan depan Plaza Millenium Jalan Kapten Muslim.

Lalu di Belawan yakni di Pelabuhan Deli/Simpang Bandar Deli, Marelan Raya dan Simpang Buaya. (anita/hm16)

Related Articles

Latest Articles