12.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Ancaman Kekerasan Terhadap Perempuan di Era Digital

Medan, MISTAR.ID

Komisioner Komnas Perempuan, Veryanto Sitohang, mengingatkan masyarakat akan potensi kekerasan terhadap perempuan yang semakin meruncing dalam konteks perkembangan digitalisasi dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Veryanto menyoroti dampak negatif dari kemajuan teknologi digital dan internet yang seharusnya membawa manfaat. Salah satu sorotannya adalah terkait Kekerasan Siber Berbasis Gender.

“Saat ini, perempuan semakin menjadi target serangan di ranah digital, sehingga memperparah kerentanan yang sudah ada,” ujarnya, Sabtu (20/1/24).

Tak hanya itu, Veryanto juga membicarakan dampak ekonomi terhadap perempuan dalam penggunaan layanan keuangan digital. Situasi ekonomi sulit mendorong perempuan menjadi rentan terhadap praktik keuangan digital yang tidak aman, terutama pinjaman online ilegal.

Baca juga: Komnas Perempuan Soroti Urgensi Pemilu Terhadap Kekerasan Berbasis Gender

Meskipun terbuka peluang pekerjaan baru, Veryanto menekankan, risiko pemutusan hubungan kerja tetap menghantui perempuan dalam era digital.

“Faktor seperti kecerdasan buatan atau kesenjangan dalam akses dan pemanfaatan teknologi menjadi ancaman serius,” jelasnya.

Komisioner Komnas Perempuan itu menegaskan, pemimpin bangsa memiliki tanggung jawab untuk mengintegrasikan program penguatan literasi digital dan keamanan digital, khususnya bagi perempuan.

“Perlu adanya peningkatan kapasitas berbagai pemangku kepentingan dalam mengembangkan keamanan digital dengan perspektif keadilan gender,” imbuhnya.

Baca juga: Komnas Perempuan Soroti Kekerasan Seksual, Pemilu 2024 Jadi Pintu Solusi

Dalam penutupnya, Veryanto menyoroti perlunya pengembangan mekanisme penghapusan konten digital dan dukungan pemulihan bagi korban kekerasan di ranah digital.

Langkah-langkah konkret ini diharapkan dapat memberikan perlindungan lebih baik terhadap perempuan di tengah era digital yang terus berkembang. (Hutajulu/hm20)

Related Articles

Latest Articles