19.2 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Alasan Listrik Padam di Berbagai Wilayah Sumut

Medan, MISTAR.ID

Pemadaman listrik yang terjadi di sejumlah wilayah Kota Medan sejak kemarin sore, Selasa (4/6/24) hingga dini hari, Rabu (5/6/24) tak hanya di Medan saja. Pemadaman listrik ini juga terjadi di berbagai wilayah Sumatra Utara (Sumut) lainnya, seperti Deli Serdang dan Karo.

Disebutkan Manager Komunikasi & TJSL Unit Induk Distribusi Sumut, Surya Sahputra Sitepu pemadaman terjadi karena adanya gangguan pada jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat.

Sistem transmisi ini merupakan jaringan interkoneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatra.

“Hingga Rabu pukul 01.00 WIB, lebih dari 90 persen atau lebih dari 2 juta pelanggan yang terdampak pemadaman di wilayah Sumut telah kembali menyala. Secara bertahap, penormalan dilanjutkan ke jaringan distribusi pelanggan lain yang masih terdampak padam,” jelas Surya kepada wartawan melalui keterangan tertulisnya, Rabu (5/6/24) pagi.

Baca juga: Pemadaman Listrik di Sejumlah Wilayah di Sumut, Subholding PLN Dituding Gagal

Lanjutnya, padamnya jaringan transmisi dengan beban tinggi menyebabkan pembangkit listrik ikut padam secara otomatis dan memerlukan waktu penyalaan kembali, terutama PLTU.

Diungkapkannya dalam proses pemulihan ini diperlukan manajemen pengaturan beban untuk menjaga kestabilan listrik pada wilayah terdampak.

“PLN menyampaikan permohonan maaf atas kondisi ini. PLN menerjunkan ratusan petugas yang terus bersiaga di lapangan dan juga di pusat kontrol untuk pemulihan seluruh sistem secepatnya,” ungkap Surya.

Bahkan di luar Sumut seperti Jambi, Palembang dan Lampung, juga mengalami pemadaman listrik. Hal ini diungkapkan oleh salah satu warga Medan, Junita.

Baca juga: Warga Medan Kecewa Listrik Padam Hingga 4 Jam, PLN Cuma Bilang Gini

“Lampung juga parah mati lampunya. Anak saya sampai nggak bisa ditelepon seharian,” ujar Junita warga Medan yang mengatakan anaknya sedang menimba ilmu di Lampung.

Bahkan saat Ia melakukan zoom nasional dengan rekan-rekannya yang di Jambi, Lampung, Palembang, banyak yang mengatakan listrik padam. (anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles