16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Tindakan Cepat Pilot Bantu Percepat Penyelamatan Kecelakaan Helikopter di Malaysia

Kuala Lumpur, MISTAR.ID

Tindakan cepat Kapten Fedzrol Norazam, yang memberi tahu temannya tentang kecelakaan yang melibatkan pesawatnya, memungkinkan pihak berwenang untuk segera meluncurkan operasi pencarian dan penyelamatan untuk menemukan para korban.

Fedzrol (43), pilot helikopter yang membawa lima tim medis dari Gua Musang, Kelantan, kembali ke Ulu Kinta, Ipoh. Helikopter jatuh di Hutan Lindung Bukit Kinta pada Rabu (26/10/22) sore.

Kapolsek Perak Mohd Yusri Hassan Basri mengatakan berdasarkan informasi awal yang diperoleh polisi, pilot telah menghubungi temannya di Ipoh, yang kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia (Civil Aviation Authority of Malaysia).

Baca Juga:Helikopter Jatuh, 11 Tentara Termasuk Satu Jenderal Tewas

“Setelah itu, kami menerima informasi tentang posisi helikopter, dan operasi pencarian dan penyelamatan bagi para korban yang berusia antara 31 dan 48 tahun dapat segera dilakukan,” katanya dalam konferensi pers di Kantor Distrik dan Pertanahan Cameron Highlandspada Rabu (26/10/22) malam.

Petugas Distrik Cameron Highlands Syed Ahmad Khirulanwar Al Yahya Syed Abdul Rahman juga hadir. Mr Mohd Yusri menambahkan bahwa ketika tim penyelamat tiba di lokasi kecelakaan, mereka menemukan bahwa semua korban berhasil keluar dari helikopter dan berada di lokasi yang aman.

“Dua penumpang menderita luka serius. Seorang perawat mengalami patah kaki sementara satu lagi terluka di lutut. Seluruh korban dibawa ke Rumah Sakit Sultanah Hajjah Kalsom dan mendapat perawatan di ruang gawat darurat,” katanya.

Baca Juga:Helikopter Jatuh, 3 Tentara Garda Nasional AS Tewas

“Operasi pencarian dan penyelamatan berakhir pada pukul 9 malam setelah korban terakhir dibawa ke rumah sakit,” tambahnya.

Dia mengatakan, berdasarkan penyelidikan awal, helikopter berada di jalur penerbangannya saat mengalami cuaca buruk, seperti hujan dan kabut.

“Penyelidikan lebih lanjut atas insiden ini dan pekerjaan untuk memindahkan puing-puing akan dilakukan oleh CAAM,” kata Mohd Yusri.

Sebelumnya, CAAM mengonfirmasi bahwa mereka telah menerima informasi tentang kecelakaan yang melibatkan pesawat Airbus AS 355 F2 dengan nomor registrasi 9M-SSW di Cameron Highlands pada pukul 13.03. (channelnewsasia/hm14)

Related Articles

Latest Articles