13.5 C
New York
Monday, April 15, 2024

Sejak Invasi ke Ukraina, Rusia Dinilai Semakin Terpuruk

Moskow,

Belakangan pasukan Rusia dikabarkan semakin kewalahan menguasai Ukraina. Strategi perang pejabat pertahanan Rusia sangat buruk. Sementara  tentara bayaran Rusia, Wagner Group telah mengundurkan dari wilayah perang.

Pimpinan Wagner Group bahkan membeberkan banyak dari pasukan Putin yang mengabaikan pos-pos penjagaan hingga kabur dari medan perang. Semua ini dampak dari strategi “konyol dari pejabat pertahanan Rusia.

Bos Wagner Group, Yevgeny Prigozhin bahkan memuji prajurit Ukraina yang dinilainya punya kemampuan berperang sekelas tentara Aliansi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) hingga Uni Soviet.

Baca Juga: Drone Ukraina Diduga Menyerang Ibu Kota Rusia

Militer Ukraina bahkan mencatat setidaknya 208 ribu tentara Rusia gugur di medan perang sejak invasi ke Ukraina berlangsung pada 22 Februari 2022. Banyak negar justru melihat militer Ukraina menjadi terkuat di dunia.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken menyebut invasi ke Ukraina sebagai kegagalan strategis Rusia. Imbas invasinya ke Ukraina yang melanggar hukum internasional, itu telah membuat Rusia semakin terpuruk akibat sanksi dan isolasi internasional.

“Perang Presiden Putin di Ukraina telah menjadi kegagalan strategis, di mana sangat mengurangi kekuatan militer, ekonomi, dan diplomatik Rusia serta pengaruhnya selama bertahun-tahun ke depan,” ucap Blinken dalam pidatonya di Helsinki pada Jumat (2/6/23). (cnn/hm17).

Related Articles

Latest Articles