13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Gubernur Kurgan Rusia Desak Warga Terdampak Banjir Segera Mengungsi

Moskow, MISTAR.ID

Gubernur wilayah Kurgan, Rusia mendesak warga untuk segera mengungsi dari daerah yang terendam banjir. Curah hujan dilaporkan semakin memperparah situasi di sana dan malam-malam mendatang diprediksi akan semakin sulit.

Dalam pesannya di aplikasi Telegram, Minggu (14/4/24), Gubernur Vadim Shumkov mengatakan, tinggi permukaan air di Sungai Tobol telah naik sebanyak 25 cm dalam dua jam terakhir menjadi 5,32 m.

“Anda perlu meninggalkan tempat ini ketika matahari masih terang,” kata Shumkov dalam imbauannya, seperti dikutip Reuters.

“Kumpulkan keluarga Anda, dokumen, dan barang berharga dan pergilah sebelumnya. Situasinya bisa memburuk tajam di malam hari dan Anda mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk bereaksi,” lanjut Shumkov.

Baca juga: Rusia dan Kazakhstan Segera Evakuasi 100 Ribu Warga Akibat Banjir

Kantor berita Interfax yang mengutip pemerintah wilayah Tyumen di sebelah timur laut Kurgan mengatakan bahwa dua desa di sana sedang dievakuasi karena pihak berwenang khawatir daerah itu bisa terancam oleh Sungai Ishim.

Kantor berita TASS dalam laporannya yang mengutip Kementerian Darurat Rusia mengatakan lebih dari 14.000 rumah di seluruh Rusia telah terendam banjir.

Di Kazakhstan, yang juga terdampak parah, lebih dari 1.000 rumah di kota Petropavlovsk telah terendam banjir. Otoritas setempat mengatakan lebih dari 4.500 orang telah dievakuasi.

Secara keseluruhan, lebih dari 107.000 orang telah dievakuasi di negara tersebut sejak awal banjir. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles