6.5 C
New York
Friday, April 26, 2024

Negara-negara yang Mendukung Iran

Tehran, MISTAR.ID

Beberapa negara menjadi sorotan karena mendukung serangan yang dilakukan Iran terhadap Israel. Dukungan ini kemudian menimbulkan kontroversi di komunitas internasional.

Salah satu yang mendukung Iran adalah Lebanon. Negara ini menunjukkan dukungannya terhadap Iran melalui Hizbullah, proksi syiah yang menjadi bagian dari Garda Revolusi Iran (IRGC) dan berpengaruh di Lebanon.

Hizbullah sudah berdiri sejak 1982 yang berkoordinasi langsung dengan IRGC. Mereka juga mendominasi kekuasaan di Lebanon.

Menurut intelijen Israel, Jumat (19/4/24), gudang senjata Hizbullah memiliki lebih dari 70 ribu roket dan rudal. Inilah mengapa Hizbullah dapat menjadi garda depan pelindung Teheran.

Kemudian, Suriah. Negara Suriah menjadi sekutu Iran di Timur Tengah, meskipun pemerintahan Bashar al-Assad masih fokus untuk menguasai negeri setelah perang saudara yang dimulai pada 2011.

Baca juga: Menlu Inggris: Israel Berencana Balas Serangan Iran

Ada pula Rusia dan Irak. Rusia telah menjadi sekutu militer Iran dalam konflik di berbagai negara, seperti Suriah, Irak, dan Afganistan, dengan hubungan bilateral yang meluas dari kerja sama intelijen hingga ekonomi.

Irak, sebagai negara Islam Syiah, memiliki hubungan erat dengan Iran sejak invasi AS pada 2003 dan jatuhnya pemerintahan Saddam Hussein.

Terakhir China. China dan Iran memiliki hubungan yang kuat, terutama setelah menandatangani perjanjian kerja sama selama 25 tahun yang mencakup aspek politik, pertahanan, dan ekonomi.

Meskipun mendukung Iran secara tidak langsung di PBB, China cenderung untuk tidak secara terang-terangan menyatakan dukungannya karena situasi politik yang kompleks. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles