26.2 C
New York
Saturday, July 6, 2024

Sebuah Rumah di Prancis Dijual Seharga Rp17.000

Prancis, MISTAR.ID

Menurut laporan dari Time Out, Jumat (19/4/24), sebuah rumah tua yang terletak di sebuah kota kecil pedesaan di Eropa, di Kota Saint Amand Montrond, Perancis, sedang dijual dengan harga yang sangat murah, yakni hanya €1 atau sekitar Rp17.000.

Lokasinya tidak jauh dari Bourges di Perancis tengah. Rumah tersebut memiliki luas 77,18 meter persegi dan terdiri dari dua lantai, dengan 13 meter persegi termasuk halaman. Pemilik rumah tersebut telah mengumumkan bahwa rumah tersebut akan dijual.

Dengan harga tersebut, pembeli akan mendapatkan keseluruhan properti. Rumah ini memiliki ruang tamu, dapur, dan kamar mandi di lantai dasar, serta dua kamar tidur dan kamar mandi di lantai atas, serta halaman dan garasi.

Meskipun harganya hanya €1, namun pembeli perlu memperhitungkan biaya perawatan rumah. Rumah ini telah kosong selama 12 tahun, dan pemerintah kota memperkirakan biaya renovasi mencapai €127.800 atau sekitar Rp2,2 juta.

Baca juga: Prancis Legalkan Aborsi

Kemudian, tampaknya pemerintah setempat telah memberikan subsidi, seperti yang terjadi di rumah-rumah yang dijual di Sisilia dan Sant’Elia a Pianisi.

François Blondieau, wakil wali kota yang bertanggung jawab atas perencanaan kota, menyampaikan kepada Ouest France bahwa kota tersebut akan memberikan subsidi yang signifikan kepada pemilik baru agar mau melakukan renovasi.

“Pendaftaran untuk pembelian rumah tersebut dibuka pada 1 April dan akan ditutup pada 15 Juni 2024. Calon pembeli dapat mengunjungi rumah tersebut mulai 15 Mei 2024 hingga tanggal penutupan, di mana pemohon yang berhasil diharapkan akan menandatangani akta pada Januari 2025,” tulis sebuah pengumuman di kota tersebut.

Meskipun berada di kota kecil dengan populasi hanya lebih dari 9 ribu jiwa, Saint Amand Montrond memiliki banyak daya tarik. Di kota kecil tersebut, terdapat gereja abad ke-11 dan Cite de l’Or – Pyramide des Métiers d’Art, sebuah gedung konser unik dengan desain futuristik.

“Harga rumah yang sangat murah diharapkan dapat menarik penduduk baru ke kota kecil tersebut, yang merupakan tujuan utama pemerintah kota,” kata Blondieau. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles