16.7 C
New York
Monday, September 23, 2024

Imbas Ledakan Pager-Walkie Talkie di Lebanon Tewaskan 37 Orang

Beirut, MISTAR.ID

Jumlah korban dampak ledakan massal yang menyeser 2 perangkat komunikasi diumumkan pihak Pemerintah Lebanon.

“Korban meninggal imbas 2 gelombang letupan perangkat komunikasi nirkabel di Lebanon naik menjadi 37 orang dan ribuan lainnya terluka,” sebut Menteri Kesehatan Lebanon, Firas Al-Albiad, dilansir Anadolu Agency, pada Kamis (19/9/24).

Dalam 2 hari beruntun ledakan perangkat nirkabel terjadi di daerah Lebanon. Pertama terjadi, pada Selasa (17/9/24) waktu setempat pasca beberapa perangkat komunikasi pager meletus secara bersamaan di beberapa lokasi.

Baca juga:Korban Tewas Ledakan Massal di Lebanon Mencapai 20 Orang

Kejadian itu menewaskan 12 orang, termasuk 2 anak-anak. Sebanyak 2.323 orang juga terluka dampak ledakan tersebut.

Sehari berikutnya penduduk Lebanon juga dikagetkan dengan ledakan perangkat walkie talkie. Dilaporkan sebanyak 25 orang tewas dan 608 orang lainnya terluka.

“Ledakan dimaksud menampilkan persatuan masyarakat Lebanon di semua wilayah dalam menghadapi peristiwa tersebut,” ucap Al-Abiad pada konferensi pers di Beirut.

Baca juga:AS Peringatkan Eskalasi Usai Ledakan Mematikan di Lebanon

Dia mengatakan ratusan dokter dan petugas medis sudah memberikan bantuan terhadap para korban ledakan. Sebanyak 287 orang yang terluka kini masih berada di unit rawat intensif.

Kelompok Hizbullah Lebanon menuding Israel berada di balik ledakan, dan bersumpah bakal melakukan pembalasan. Sedangkan Israel belum ada pernyataan menyangkut 2 ledakan massal perangkat komunikasi yang terjadi di Lebanon. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles