21.9 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Gempa Taiwan Terkuat Dalam 25 Tahun Terakhir

Taipei, MISTAR.ID

Wu Chien Fu, Direktur Pusat Seismologi Taiwan, menyatakan bahwa gempa dengan magnitudo 7,7 yang melanda Hualien County merupakan gempa terkuat dan terbesar dalam 25 tahun terakhir.

“Wilayah gempa ini berdekatan dengan daratan dan dangkal. Guncangannya dirasakan di seluruh Taiwan dan pulau-pulau di lepas pantai. Ini adalah gempa terkuat dalam 25 tahun sejak gempa tahun 1999,” ujar Wu, Kamis (4/4/24).

Wu merujuk pada gempa dengan magnitudo 7,6 yang terjadi pada September 1999 di Taiwan dan menewaskan sekitar 2.400 orang.

Pernyataan Wu ini disampaikan setelah Badan Meteorologi Jepang merevisi kekuatan gempa bumi di Taiwan dari awalnya 7,5 menjadi 7,7.

Baca juga: Gempa Taiwan Tewaskan 4 Orang

Gempa yang terjadi pada pukul 07.58 waktu setempat tersebut terasa hingga ke Jepang, Filipina, dan beberapa wilayah di China.

Guncangan ini sebelumnya memicu peringatan tsunami hingga setinggi tiga meter di Jepang, yang membuat otoritas setempat mengimbau evakuasi warga di wilayah pesisir, terutama di Okinawa.

Tsunami kecil setinggi 0,3 meter bahkan telah mencapai Pulau Yonaguni, barat daya Jepang.

Akibat gempa tersebut, setidaknya tujuh orang dilaporkan meninggal dunia dan 736 lainnya mengalami luka-luka.

Baca juga: Gempa Taiwan Tewaskan 4 Orang

Selain korban luka dan meninggal, ada 77 orang yang masih terjebak. Meskipun kondisi mereka tidak dijabarkan, otoritas memastikan bahwa operasi penyelamatan sedang dilakukan.

National Fire Agency Taiwan melaporkan bahwa 900 orang terluka akibat gempa tersebut. Otoritas juga melaporkan bahwa setidaknya 50 staf hotel hilang dalam perjalanan mereka ke taman nasional Taroko Gorge. Tim penyelamat masih berusaha menemukan mereka. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles