18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Afghanistan Barat Kembali Dilanda Gempa, Ratusan Rumah Ambruk

Afghanistan, MISTAR.ID

Gempa bumi kuat kembali mengguncang provinsi barat Afghanistan, Herat, Rabu (11/10/23). Otoritas setempat terpaksa mengalihkan tim bantuan dan penyelamat yang berada di lapangan setelah serangkaian gempa dahsyat Sabtu (7/10/23) kemarin.

Belum ada rincian mengenai korban jiwa dalam gempa susulan ini, kata juru bicara manajemen bencana, Janan Sayeeq, kepada Reuters. Namun, pejabat provinsi mengatakan ratusan rumah telah hancur.

Kantor gubernur Herat mengatakan beberapa daerah mengalami kerusakan besar, tanpa memberikan rincian.

“Tim medis mobil dan pejabat telah bekerja sama dan telah mengirim beberapa orang yang terluka ke rumah sakit,” bunyi pernyataan kantor gubernur.

Baca Juga: Pemerintah Taliban: Gempa di Afghanistan Sudah Tewaskan 2445 Orang

Pemerintahan Taliban mengatakan, gempa bumi Sabtu lalu menewaskan setidaknya 2.400 orang dan melukai lebih dari 2.000 orang. Kondisi tersebut menjadikannya sebagai salah satu gempa bumi terburuk di dunia dalam tahun ini.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) engatakan, sebagian besar korban dalam gempa tersebut adalah perempuan dan anak-anak.

Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ) mengatakan gempa terbaru ini berkekuatan 6,3 dan terjadi pada kedalaman 10 km.

Dikelilingi pegunungan, Afghanistan memang memiliki sejarah gempa bumi kuat, banyak terjadi di daerah berbatasan dengan Pakistan, yaitu pegunungan Hindu Kush yang bergunung-gunung.

Related Articles

Latest Articles