17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Acara Amal di Gereja Nigeria Berbuah Maut, 31 Tewas dan 7 Terluka

Rivers, MISTAR.ID

Mengenaskan. Acara amal yang digelar di sebuah gereja di Nigeria justru mengakibatkan sedikitnya 31 orang tewas terinjak-injak dan tujuh lainnya terluka dalam sebuah acara amal gereja di Nigeria selatan pada Sabtu (28/5/22). Tragedi mengerikan ini terjadi di sebuah acara amal membantu orang yang membutuhkan.

“Peristiwa terjadi di gereja Kings Assembly di negara bagian Rivers yang didatangi banyak orang,” ucap juru bicara kepolisian setempat, Grace Iringe-Koko, dikutip dari laman media.
Sebagian besar korban adalah pengunjung acara amal “Shop for Free” yang digelar pihak gereja.

Acara semacam itu umum digelar di Nigeria, negara dengan perekonomian terbesar di benua Afrika, di mana lebih dari 80 juta orang hidup miskin. Acara amal di Rivers pada Sabtu kemarin seharusnya berlangsung pukul 09.00 pagi waktu setempat, namun sudah banyak warga berdatangan sejak subuh.

Baca juga: Mengerikan! 31 Tewas Terinjak Saat Berebut Makanan di Gereja Nigeria

“Entah bagaimana, mereka berhasil menjebol gerbang gereja,” sebut Iringe-Koko.

Kekacauan pun terjadi setelahnya. Video dari lokasi kejadian memperlihatkan pakaian, sepatu dan berbagai benda lain yang dipersiapkan untuk dibagikan kepada warga. Seorang saksi mata bernama Daniel mengatakan bahwa ada “banyak anak-anak” tewas dalam kejadian itu, dengan lima di antaranya berasal dari seorang ibu.

“Seorang ibu hamil juga tewas dalam tragedi itu,” ucapnya.

Beberapa anggota gereja diserang keluarga korban usai tragedi. Pihak gereja menolak berkomentar atas hal tersebut. Acara Shop for Free ditangguhkan selama otoritas setempat menyelidiki penyebab terjadinya tragedi terinjak-injak.

Baca juga: 21 Kasus Cacar Monyet Muncul di Nigeria, 1 Tewas

Nigeria telah beberapa kali mengalami peristiwa terinjak-injak. Sebanyak 24 orang tewas dalam perkumpulan gereja di Anambra, Nigeria, pada 2013. Satu tahun kemudian, sekitar 16 orang tewas tewas terinjak-injak dalam acara bursa kerja di Abuja. (medcom/hm09)

Related Articles

Latest Articles