22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

113 Orang di Nigeria Tewas Akibat Serangan Kelompok Bersenjata

Nigeria, MISTAR.ID

Kelompok bersenjata melakukan penyerangan hingga tewaskan 113 orang di sejumlah desa di Nigeria Tengah. Jumlah ini meningkat tajam dari awal yang dilaporkan pada Minggu (24/12/23) malam yang hanya 16 orang tewas.

Kepala pemerintahan setempat di Bokkos, Monday Kassah mengatakan, sedikitnya 113 orang telah dikonfirmasi tewas karena pertempuran yang berlangsung dari hari Sabtu hingga Senin.

“Kelompok bersenjata yang disebut ‘bandit’ itu menyerang setidaknya 20 komunitas dan membakar rumah-rumah. Kami menemukan lebih dari 300 orang terluka yang dilarikan ke rumah sakit di Bokkos, Jos, dan Barkin Ladi,” ujar Kassah dilansir dari CNN, Selasa (26/12/23).

104 kematian di desa wilayah Bokkos dilaporkan Palang Merah setempat. Anggota parlemen negara bagian Dickson Chollom mengutuk serangan tersebut dan meminta pasukan keamanan untuk bertindak cepat.

“Kami tidak akan tunduk pada taktik pedagang kematian ini,” kata Chollom.

Baca Juga : Nigeria Larang Pesawat Prancis Lewat di Wilayah Udara Negaranya

Untuk diketahui, Plateau adalah salah satu dari beberapa negara bagian yang membentuk Sabuk Tengah Nigeria yang beragam secara etnis dan agama, dimana perubahan iklim dan pembangunan pertanian menyebabkan ketegangan di antara masyarakat dan meningkatkan ketegangan antara penggembala Muslim dan petani Kristen.

Ratusan orang telah tewas dalam kekerasan antarkomunitas dalam beberapa tahun terakhir.

Menyusul serangan yang terjadi akhir pekan lalu, kelompok hak asasi manusia Amnesty International mengatakan pihak berwenang di negara Afrika Barat tersebut “gagal menghentikan serangan mematikan yang sering terjadi terhadap masyarakat pedesaan di Negara Bagian Plateau.” (mtr/hm24)

Related Articles

Latest Articles