19.1 C
New York
Friday, May 24, 2024

Korsleting AC, Bus Rombongan Sekolah Terbakar di Tigarunggu

Simalungun, MISTAR.ID

Satu unit bus pariwisata nomor polisi (nopol) BK 7030 TM yang membawa rombongan sekolah SMA Al-Abdi Perdagangan Bah Lias terbakar di depan Gereja GKPS Tigarunggu, Jalan Tigarunggu-Saribudolok, Kabupaten Simalungun, pada Rabu (17/4/24) sekira pukul 07.15 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simalungun, Resman Saragih mengatakan, kebakaran disebabkan oleh korsleting (hubungan arus pendek)pada Air Conditioner (AC) bus. Dia bilang, tidak ada korban jiwa dalam kejadian disebut.

“Bus yang terbakar milik Maruddin Simarmata dan membawa 49 orang penumpang. Nama sopirnya Doni Simarmata (27). Semua penumpang selamat dari insiden itu,” kata Resman saat dihubungi, pada Rabu (17/4/24) sore.

Baca juga:Pemilik ke Ladang, Rumah Petani di Panobasan Ludes Terbakar

Pemadam kebakaran (damkar) dari Pos Purba, kata dia, berhasil menjinakkan api setelah berjibaku selama 40 menit. “Satu unit mobil damkar dikerahkan ke lokasi dan tiba pukul 07.20 WIB. Tim damkar bekerja dengan cepat dan efisien, sehingga api berhasil dipadamkan sekira pukul 08.00 WIB,” sebut Resman.

Kerugian material akibat kebakaran, menurut Resman, mencapai sebesar Rp 200 juta. Atas peristiwa itu, Resman mengingatkan seluruh pihak penyedia jasa angkutan untuk memeriksa peralatan listrik dan AC kendaraan secara berkala.

Menurutnya, hal itu penting untuk mencegah terjadinya korsleting yang bisa menyebabkan kebakaran.

Baca juga:Newsroom: Enam Unit Rumah Sewa Hangus Terbakar di Tanjung Balai

“Dengan upaya bersama dari berbagai pihak, diharapkan kejadian ini dapat menjadi pelajaran bagi semua orang, terlebih pemilik usaha untuk lebih berhati-hati dan lebih teliti sebelum menggunakan alat transportasi, terutama yang melibatkan anak-anak sekolah dan masyarakat umum,” tutup Resman. (indra/hm16)

Related Articles

Latest Articles