22.9 C
New York
Tuesday, June 18, 2024

Jelang Idul Adha, Pemkab Deli Serdang Monitoring Harga Kebutuhan Pokok

Deli Serdang, MISTAR.ID

Pemkab Deli Serdang melakukan monitoring sekaligus mengendalikan laju inflasi pergerakan harga dan stok bahan pokok di sejumlah pasar di wilayah Deli Serdang, Selasa (11/6/24). Hal itu dilakukan mejelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah yang akan jatuh pada 17 Juni mendatang.

Monitoring yang dilakukan Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Sekdakab DeliSerdang H Khoirum Rijal bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Deli Serdang tersebut menyambangi Pasar Bakaran Batu, Jalan Tuan Syekh HM Arsyad T Lubis, Kecamatan Lubuk Pakam.

Monitoring harga dan kebutuhan pokok juga akan dilaksanakan, Rabu (12/6/24), di Pasar MMTC, Kecamatan Percut Sei Tuan. “Seperti biasa, setiap menyambut hari besar keagamaan terjadi kenaikan harga. Beberapa pasar sudah ada menaikkan harga, namun sesaat,” kata Khoirum.

Dijelaskan Khoirum, khusus komoditi cabai merah, saat ini harganya masih naik karena kekurangan pasokan.

“Kondisi itu diakibatkan pengaruh cuaca. Itu sebabnya beberapa petani cabai merah di Deli Serdang beralih menanam tanaman lainnya diakibatkan cuaca yang tidak bisa diprediksi, makanya kita kekurangan pasokan cabai merah,” paparnya.

Baca Juga : Harga Kebutuhan Pokok di Siantar Masih Bertahan Mahal

Hasil monitoring yang dilakukan di Pasar Bakaran Batu, Lubuk Pakam, antara lain beras medium Rp14.000/Kg, gula pasir Rp18.000/Kg, telur yam broiler Rp27.000/Kg, minyak goreng curah Rp16.000/Kg, cabai rawit hijau Rp34.000/Kg, cabai merah Rp54.000/Kg, tomat Rp10.000/Kg, bawang merah lokal Rp45.000/Kg dan daging sapi Rp125.000/Kg.

“Mudah-mudahan dengan dilakukannya monitoring di Pasar Lubuk Pakam, kita sudah mengetahui penyebab lonjakan harga beberapa bahan pokok, seperti cabai merah, bawang merah dan tomat. Kalau untuk beras dan minyak makan, harganya masih normal,” ungkap Khoirum.

Selain monitoring, Pemkab Deli Serdang juga akan menggelar pasar murah. Ada dua lokasi pasar murah, pertama di Kantor Camat Tanjung Morawa, pada Kamis (13/6/24) dan di Lapangan Tengku Raja Muda (Lapangan Segitiga), Lubuk Pakam, Jumat (14/6/24). (rinaldi/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles