22.1 C
New York
Saturday, July 20, 2024

Beranda Kreatif Medan Jadi Ruang Baru UMKM, Omzet Capai Rp742 Juta

Medan, MISTAR.ID

Berbagai upaya terus dilakukan Pemko Medan dalam membangkitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), salah satunya lewat Beranda Kreatif Medan.

Kegiatan itu digelar di halaman kantor Wali Kota setiap hari Sabtu sore hingga malam hari. Para pelaku UMKM dapat menjajakan produknya di stand-stand yang telah disediakan.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kota Medan, periode 4 Mei-10 Desember 2022 omzet pelaku UMKM yang menjual produk kuliner, fashion dan kerajinan tangan mencapai 485 juta. Sedangkan periode 11 Maret-19 Agustus 2023 mencapai Rp 257 juta.

Baca juga: Majukan UMKM, ASN Wajib Belanja di Marketplace Pemko Medan

“Total omzet periode Mei 2022-Agustus 2023 mencapai Rp 742 juta. Adapun rinciannya Mei 2022 omzet pelaku UMKM di ajang yang disemarakkan panggung seni budaya mencapai Rp 49 juta, Juni Rp 54 juta, Juli Rp 95 juta, Agustus Rp 94 juta, September Rp 88 juta, Oktober Rp 46 juta, November Rp 33 juta dan Desember Rp 27 juta. Pada Maret 2023 omzet pelaku UMKM di ajang destinasi wisata baru Medan mencapai Rp 35 juta, Mei Rp 18 juta, Juni Rp 64 juta, Juli Rp 83 juta dan Agustus Rp 56 juta,” ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pariwisata Kota Medan, Viza Fandhana, Sabtu (26/8/23).

Dikatakan, dalam Beranda Kreatif Medan, pihaknya berkolaborasi dengan perangkat daerah lainnya di lingkungan Pemko Medan untuk menghadirkan berbagai penampilan yang cukup menghibur.

“Berbagai gelaran seperti musik, tari, sastra, teater dan rupa ada di Beranda Kreatif Medan. Tidak hanya modern, kesenian tradisional dari beragama etnik ada di ibu kota Sumut ini juga yang ditampilkan,” sebut Viza.

Baca juga: Gaungkan Digitalisasi, Pelaku UMKM Gunakan QRIS

Kemasan berbagai acara ini membuat warga antusias menyaksikan ajang tersebut. Ajang ini menjadi salah satu alternatif kunjungan warga di akhir pekan. Salah seorang warga Medan Barat, Purnama mengaku, dirinya sering berkunjung ke Beranda Kreatif Medan pada akhir pekan malam.

“Di Beranda Kreatif Medan kita bisa menikmati suguhan kesenian dan kebudayan sembari menyantap berbagai kuliner. Kalau mau belanja baju ada juga. Suasananya pun enak dan nyaman,” ungkapnya. (rahmad/hm16)

Related Articles

Latest Articles