18.2 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Rekap Daftar Pemilih Hasil Perbaikan, DPS di Siantar Diperkirakan Berkurang 1.000-an

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kota Pematang Siantar yang berjumlah sebanyak 204.859 pemilih, diperkirakan bakal berkurang sekitar 1.000-an karena data pemilih yang ganda.

Hal itu sesuai dengan daftar pemilih hasil perbaikan DPS yang sudah mulai direkapitulasi dari tingkat kelurahan hingga nantinya berlanjut ke tingkat kecamatan hingga Kota Pematang Siantar.

Seperti disampaikan oleh Komisioner Perencanaan, Data dan Informasi (Rendatin) KPU Siantar Christian Benny Panjaitan kepada sejumlah awak media, Senin (8/5/23).

Baca Juga:Dari Partai Prima hingga DPS, KPU Siantar Beberkan Tahapan Pemilu 2024

“DPS kita sudah ada, direkaplah daftar pemilih hasil perbaikannya, mulai dari kelurahan sampai tingkat kota. Hari ini pleno di Kelurahan, tanggal 10 (Mei) di kecamatan, dan tanggal 12 (Mei) nanti di tingkat Kota,” sebutnya.

Setelah sampai ke tingkat kota, kata Christian, namanya akan berubah menjadi DPSHP (Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan). “DPSHP inilah yang nantinya kemudian menuju ke proses Daftar Pemilih Tetap (DPT),” sebutnya.

Ketika ditanya mengenai besaran perubahan jumlah DPS setelah dilakukan perbaikan, Christian belum dapat memastikannya.

“Belum dapat dipastikan, karena masih direkap. Tapi yang jelas ada pengurangan,” tukasnya.

Berkurangnya jumlah pemilih di DPS itu kebanyakan karena pemilih ganda. “Sampai dengan tadi malam prosesnya ada berkurang sekitar seribu (1.000)-an dari hasil DPS terakhir yang sebanyak 204.859 pemilih,” ungkapnya.

Saat itu, Christian tak lupa mengimbau masyarakat untuk mengecek di aplikasi DPT Online, apakah sudah terdata dan terdaftar sebagai pemilih.

“Silakan dilihat di aplikasi Cek DPT Online. Kalau belum terdaftar, silakan melaporkannya ke kelurahan dan kecamatan, ke KPU juga bisa,” tutupnya.(ferry/hm12)

Related Articles

Latest Articles