12.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

10 Juta Tiket Olimpiade Paris 2024, 70 Persen telah Terjual

Paris, MISTAR.ID

Sebanyak 10 juta tiket Olimpiade Paris tahun 2024 mendatang disediakan pihak penyelenggara.

Dikutip dari laman resmi Komite Olimpiade Internasional (IOC), Kamis (25/5/23), diketahui sebanyak 70 persen dari jumlah yang telah disiapkan telah laku terjual.

Pihak panitia mengonfirmasi sebanyak 6,8 juta tiket telah terjual untuk pesta olahraga terbesar sedunia tersebut. Penjualan tiket tahap kedua untuk Olimpiade Paris 2024 berakhir pada Jumat (19/5), dan dinilai merupakan sebuah pencapaian rekor penjualan baru, termasuk lebih dari satu juta tiket terjual dalam 36 jam.

Baca juga: Jokowi Targetkan Panjat Tebing Raih Emas Olimpiade 2024

Presiden Panitia Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024, Tony Estanguet mengatakan, keberhasilan penjualan tiket lebih baik dari yang pernah mereka bayangkan.

“Fase berikutnya dari penjualan tiket Olimpiade akan diadakan musim panas ini. Prosedur untuk fase baru ini tanpa undian akan ditentukan dalam beberapa minggu mendatang,” terang Estanguet.

Fase kedua hanya dapat diakses di seluruh dunia melalui sistem undian. Semua acara dalam program Olimpiade, termasuk semua final serta upacara pembukaan dan penutupan tersedia dalam fase pengundian dan penjualan tersebut.

Baca juga: Perbakin Godok Petembak Muda Indonesia Menuju Olimpiade Paris

Warga Prancis mewakili 2/3 pembeli tiket, dengan 63,5 persen diketahui tinggal di Prancis dan 36,5 persen di luar negeri. Sementara,dari 178 negara membeli tiket Olimpiade selama fase kedua ini.

Rata-rata usia pembeli adalah 40 tahun dan 45 persen adalah perempuan. Selain itu, olahraga beregu masih menjadi favorit para calon penonton nantinya di Olimpiade mendatang.

Cabang olahraga (cabor) yang paling banyak diminati adalah sepak bola, bola basket, bola tangan, atletik, dan bola voli. Selain itu, tiket untuk cabang olahraga thriathlon, sport climbing, BMX Racing, BMX Freestyle atau breaking semuanya terjual pada hari pertama penjualan, 11 Mei 2023 dalam waktu kurang dari 2 jam.

Baca juga: Meksiko Resmi Ajukan Diri jadi Tuan Rumah Olimpiade Musim Panas 2036

Sementara itu, Paralimpiade 2024 juga akan digelar di Prancis untuk kali pertama. Mengusung tema ‘kegembiraan dan harapan’, Paralimpiade 2024 akan diselenggarakan mulai dari 28 Agustus hingga 8 September 2023.

Penjualan tiket Paralimpiade akan dibuka pada 9 Oktober 2023 melalui platform ticket.paris2024.org. (antara/hm16)

Related Articles

Latest Articles