28.5 C
New York
Friday, June 14, 2024

153 Tahun Pematangsiantar, Wali Kota Ajak Seluruh Elemen Bersinergi ke Arah Lebih Baik

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Wali Kota Susanti Dewayani bersama Unsur Forkopimda Plus menghadiri rapat raripurna DPRD Pematangsiantar dalam rangka memperingati hari jadi ke-153 Kota Pematangsiantar, Rabu (24/4/2024) pagi.

Dalam sambutannya di Gedung Harungguan DPRD, Susanti mengatakan, seiring perjalanan panjang selama 153 tahun, Kota Pematangsiantar sudah banyak mengalami banyak perubahan, baik secara fisik maupun sosial, ekonomi, dan budaya.

“Kita menyadari bersama masyarakat Kota Pematangsiantar menaruh harapan besar bagi kita sekalian sebagai penyelenggara pemerintahan agar Kota Pematangsiantar ini senantiasa mengalami perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik,” sebutnya.

Baca juga: Wali Kota Siantar Dukung Pembangunan Tugu Sangnaualuh Damanik

Oleh karena itu, Susanti mengajak seluruh elemen untuk saling bersinergi dan bekerjasama dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat Kota Pematangsiantar, sebagaimana motto “Sapangambei Manoktok Hitei” demi mewujudkan Kota Pematangsiantar sehat, sejahtera, dan berkualitas.

Ia pun berharap momentum peringatan Hari Jadi Kota Pematangsiantar ke-153 Tahun 2024 ini menjadi titik perjuangan menghadirkan kesejahteraan bagi warga Kota Pematangsiantar.

Susanti menambahkan, sebagai kota majemuk yang dihuni berbagai etnis dan agama, Pematangsiantar harus tetap menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan memupuk keberagaman serta gotong-royong tanpa mengabaikan budaya lokal yang ada di tanah “Habonaron Do Bona”.

“Semoga dengan peringatan hari bersejarah ini, menjadi momentum bagi kita untuk melakukan evaluasi terhadap apa yang telah kita lakukan dan berikan bagi kota kita ini. Sehingga melahirkan momentum perubahan, bukan saja demi kepentingan pribadi, keluarga dan masyarakat, tetapi juga bagi nilai-nilai budaya dan kemanusiaan,” harapnya.

Susanti mengajak seluruh masyarakat berbenah menjadi yang terbaik, yang akan menghantarkan Pematangsiantar menjadi kota yang lebih bermartabat, jauh dari segala fitnah dan adu domba, serta senantiasa berprasangka baik.

“Saya mengucapkan Dirgahayu Kota Pematangsiantar ke-153 Tahun 2024. Semoga dengan semakin bertambahnya usia kota kita ini, semakin bertambah pula tingkat kehidupan masyarakat Kota Pematangsiantar yang sehat, sejahtera, dan berkualitas,” ucapnya.

Baca juga: Wali Kota Susanti Ajak Meneladani 8 Podah Raja Siantar

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Pematangsiantar Timbul Marganda Lingga SH mengatakan, hari ulang tahun secara filosofis dimaknai dengan peringatan untuk melihat masa lalu sebagai mata rantai sejarah yang sangat bernilai sebagai referensi manapaki masa kini, dan memandang masa depan.

Peringatan ini, kata Timbul, harus dijadikan sebagai momentum untuk introspeksi diri untuk tujuan masa depan Kota Pematangsiantar yang lebih baik.

“Kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Kota Pematangsiantar pada tanggal 24 April 1871, yang disesuaikan dengan tahun lahirnya Raja Sang Naualuh pada tanggal 24 April 1871. Kita juga tidak boleh lupa Sang Naualuh putra Kota Pematangsiantar yang rela berjuang melawan Belanda dari bumi Pematangsiantar dan mengorbankan diri harus dibuang ke Bengkalis dan wafat di sana,” terangnya. (Gideon/hm22)

Related Articles

Latest Articles