11.5 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Warga Antusias Saksikan Atraksi Barongsai Binaan PT STTC Meriahkan HUT ke-153 Kota Pematangsiantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Pertunjukan kesenian tradisional masyarakat Tionghoa, Barongsai mendapat antusiasme tinggi dari warga Pematangsiantar yang hadir di Lapangan Adam Malik, Jumat (26/4/24). Atraksi tersebut merupakan rangkaian acara memeriahkan HUT ke-153 Kota Pematangsiantar.

Antraksi Barongsai binaan PT STTC tersebut dimulai sekitar pukul 16.45 WIB yang dilanjutkan dengan atraksi naga hingga pukul 17.30 WIB. Para pemain alat musik memperlihatkan kelihaian mereka dalam memadukan harmoni melodi.

Pengunjung bersorak riuh, ketika para pemain Barongsai mulai meliuk-liuk beraksi di lokasi.

Baca juga: HUT Siantar ke-153 Bakal Dimeriahkan Artis Ibu Kota dan Seni Tradisional

“Aku suka nonton atraksi barongsai. Setiap kali ada pertunjukan barongsai di Kota Pematangsiantar aku pasti nonton, makanya datang ke mari dari rumah tadi,” ucap Putri, salah seorang pengunjung di lokasi.

Walau merasa atraksi itu cukup singkat, Putri mengaku pertunjukan barongsai memiliki nuansa berbeda bagi para penggemarnya.

“Maunya agak lebih lama lagi atraksi barongsainya,” katanya sembari tersenyum.

Selain kedua atraksi tersebut, pertunjukan angklung binaan PT STTC juga tersaji di pentas utama. Seragam hitam putih penuh kesederhanaan dari pemain mampu melirik ratusan pengunjung yang memadati Lapangan Adam Malik.

Baca juga: Wesly Silalahi Daftar Jadi Balon Wali Kota Siantar ke PDIP

“Keren kalilah pokoknya, musik tradisional seperti ini bisa disaksikan secara langsung. Teringat masa sekolah dulu,” kata Agus, warga Kecamatan Siantar Utara.

Atraksi Angklung binaan PT STTC pukau pengunjung Lapangan Adam Malik Kota Pematangsiantar. (f:Jonatan/Mistar)

Sementara itu, Pelatih Angklung, Surya Dharma Saragih mengatakan sebanyak 35 pemain menampilkan tiga lagu dengan aransemen mereka. Penampil terdiri dari 16 wanita dan 19 pria.

“Yang pertama lagu Butet, Tian Mi Mi dan Yamko Rambe Yamko,” sebutnya usai menampil. (Jonatan/hm22)

Related Articles

Latest Articles