13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Karir Pebulu Tangkis China Lin Dan Berakhir Miris

Beijing, MISTAR.ID

Cerita miris legenda pebulu tangkis China, Lin Dan sebelum pensiun unik untuk dibahas. Pasalnya, dia memutuskan gantung raket dengan rangkaian hasil negatif.

Nama Lin Dan begitu terkenal di dunia badminton pada tahun 2000 hingga 2010. Karier pria kelahiran Longyan itu diwarnai dengan rentetan prestasi mentereng.

Dua kali meraih medali emas Olimpiade, 5 kali sebagai juara dunia dan 6 kali memenangkan All England. Tak pelak, pria berumur 40 tahun itu dinilai menjadi pemain tunggal putra terbaik sepanjang sejarah.

Baca juga:Cek Turnamen Bulu Tangkis di Januari 2024

Namun karier yang diawali Lin Dan selama 20 tahun harus berkesudahan dengan miris. Selain terjerat skandal percintaan tahun 2016, ia juga harus menerima kenyataan pahit melorot prestasi yang tajam.

Sahnya, suami Xie Xingfang itu memutuskan pensiun pada 4 Juli 2020 melalui pengumuman di media sosial (medsos). Sebelum itu, Lin Dan juga melalui rentetan hasil buruk dalam beberapa kejuaraan di awal tahun berlangsung dari Januari hingga Maret.

“Selama 20 tahun saya harus mengucapkan selamat tinggal pada tim nasional. Sangat susah untuk mengatakan dengan lantang,” paparnya dikutip dari Xinhua, seperti dilansir, pada Rabu (27/3/24).

Baca juga:Ranking Terbaru BWF, Sejumlah Pebulu Tangkis Indonesia Naik Posisi

Mulai awal 2020, pebulu tangkis bertangan kidal itu tak berbasil meraih gelar jawara. Justru beberapa kali tumbang lebih cepat yakni di babak 32 besar.

Lin Dan keok di babak pertama Malaysia Masters 2020 dari Jan O Jorgensen. Seminggu kemudian tumbang di tangan calon legenda tunggal putra yakni Viktor Axelsen di Indonesia Masters.

Berikutnya Thailand Masters 2020, dirinya dihabisi Ng Ka Long Angus di babak pertama. Prestasinya sempat membagus dengan menembus 16 besar All England 2020 setelah mengalahkan Kunlavut Vitidsarn. Namun, ia dikalahkan rekan senegara, Chen Long di babak itu, hingga akhirnya pensiun pada Juli 2020. (okz/hm16)

Related Articles

Latest Articles