12.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Ini Sosok Petinju Kelas Ringan Dunia yang Belum Terkalahkan

Las Vegas, MISTAR.ID

Devin Miles Haney merupakan petinju profesional yang lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat (AS) pada 17 November 1998 lalu.

Dirinya merupakan pemegang sabuk gelar juara kelas ringan WBC sejak tahun 2019. Devin menempati posisi 4 besar petinju kelas ringan berdasarkan majalah The Ring dan BoxRec. 

Dia sukses menjaga statusnya sebagai juara tinju dunia kelas ringan. Petinju (AS) itu belum terkalahkan dalam kariernya. Devin mampu mempertahankan gelar juara yang disandangnya dengan kemenangan angka mutlak melawan Vasiliy Lomachenko dalam duel di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Nevada, Minggu (21/5/23).

Baca juga: Petinju Inggris Raya Ramla Ali, Mantan Pengungsi Jadi Pelopor Tinju Putri

Ternyata Devin mulai berminat menekuni olahraga tinju saat berumur 7 tahun, namun masih terbatas latihan tinju belaka. Terus mendalami tinju, berumur 17 tahun, Devin berhasil menjadi juara dalam kejuaraan Youth World Championships.

Petinju yang memiliki nama panggilan The Dream itu juga menjadi sosok talenta muda berhasil menjuarai 7 gelar nasional, dengan rekor karier juniornya, yakni 142 pertandingan dengan 138 menang dan 8 kalah.

Tak hanya menjuarai kejuaraan WBC Youth World Championships, Devin juga menyabet gelar juara IBF North American dan WBC International.

Baca juga: Petinju Indonesia Ilham Leoisa Bidik Gelar WBC Asia Continental di Thailand

Debutnya di ring tinju profesional dimulai ketika mengalahkan Gonzalo Lopez dengan KO di ronde pertama pada 11 Desember 2015. Itu sekaligus menjadi kisah pembuka bagi petinju yang saat ini disandingkan dengan Floyd Mayweather Jr.

Saat ini, Devin memiliki empat gelar juara, yaitu IBF World Light, WBA Super World Light, WBC World Light dan WBO World Light.

Selama menjalani karier profesionalnya sebagai petinju, Devin mencatat 30 kemenangan dari 30 pertandingan yang telah dijalani. Dimana sebanyak 15 pertandingan dimenangkan melalui KO. (tempo/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles