11.3 C
New York
Tuesday, April 16, 2024

Jamin Kebutuhan Pokok Aman di Lebaran, Pemko Tebing Tinggi Gelar Gerakan Pangan Murah

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Dalam menjalani puasa di Bulan Suci Ramadhan, dan menjelang HBKN (Hari Besar Keagamaan Nasional) Idul Fitri 1445 H, kesediaan barang kebutuhan pokok di Kota Tebing Tinggi cukup dan aman.

“Pemerintah menjamin stok pangan dan kesediaan dalam kondisi cukup dan aman,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Marimbun Marpaung, saat menggelar kegiatan GPM (Gerakan Pangan Murah) Rabu (27/3/24) di halaman Kantor Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Jalan M.H. Thamrin.

Lebih lanjut Marimbun memaparkan, kegiatan GPM akan berakhir pada hari Rabu (3/4/24). Tujuannya adalah untuk menekan laju inflasi, menjamin kesediaan stok bahan pangan, utamanya menjelang hari raya Idul Fitri dan juga hal ini merupakan instruksi dari Kemendagri.

Baca juga: Ini Jadwal dan Lokasi Operasi Pasar Murah Pemkab Labusel

Hanya saja, ungkap Kadis Ketapang, dalam GPM kali ini, pihaknya hanya menjual 1 komoditi, beras. Mengingat gula pasir di pasaran harga tidak signifikan melambung tinggi.

“Untuk minyak goreng, pihak penyedia maupun Bulog sangat terbatas. Makanya hanya beras saja yang ada dalam GPM kali ini,” ungkapnya.

Untuk keseluruhan di 5 Kecamatan, Sambung Marimbun, beras SPHP sebanyak 25 ton yang akan disalurkan. Dengan rincian, 3 ton Kecamatan Tebing Tinggi Kota, 5 ton Kecamatan Padang Hulu, 6 ton Kecamatan Padang Hilir, 6 ton Kecamatan Rambutan, dan Kecamatan Bajenis sebanyak 5 ton.

“Tetapi kita tetap akan berkoordinasi dengan Bulog, apabila ada kebutuhan yang sangat signifikan,” pungkas Marimbun.(nazli/hm17)

Related Articles

Latest Articles