8.9 C
New York
Thursday, April 18, 2024

Peringati Hari TBC, Bupati Toba: Tuberkulosis Penyakit yang Bisa Dicegah dan Diobati

Toba, MISTAR. ID

Pemkab Toba melalui Dinas Kesehatan memperingati Hari Tuberkulosis se-Dunia yang jatuh pada 24 Maret 2024. Peringatan ini digelar di Taman D.I Panjaitan, Balige, Kamis (28/3/24).

Bupati Toba Poltak Sitorus mengatakan, bahwa terdapat 564 penderita aktif tuberkulosis atau TB/TBC di Kabupaten Toba saat ini. Angka tersebut harus terus ditekan, bahkan target berikutnya adalah zero new TB di Toba.

Adapun langkah-langkah untuk mencapai target tersebut adalah memakan makanan bergizi, membersihkan lingkungan serta rutin mendeteksi dengan cara memeriksakan diri ke rumah sakit atau Puskesmas terdekat.

“Biasakan makan dengan sayur, bahkan harus pakai sayur. Banyak sayur disekitar kita, tidak harus beli. Kemudian makan buah, buah juga banyak di sekitar kita, enggak perlu tunggu-tunggu apel, anggur dan lain-lain. Konsumsi saja buah yang ada di sekitar kita,” ucapnya

Baca juga: Menuju Eliminasi TBC 2030, Dinkes Siantar Siapkan Empat Mesin TCM.

Selain menyampaikan pesan soal gizi, Poltak Sitorus juga menyampaikan pesan soal kebersihan lingkungan dan deteksi dini.

“Jaga kebersihan lingkungan. Kebersihan rumah, halaman, pakaian. Habis aktivitas cuci tangan pakai sabun. Kemudian jangan takut periksa ke dokter, ini bukan aib jadi tidak perlu takut,” paparnya.

Kemudian dalam rangkaian kegiatan Bupati dan Kepala Dinas Kesehatan serahkan hadiah pada 3 pemenang jingle TBC yakni, Puskesmas Tandang Buhit, Puskesmas Soposurung dan juara ketiga diraih Puskesmas Janji Matogu.
Selanjutnya pemberian hadiah pada Puskesmas dengan capaian tertinggi SPM pelayanan terduga TBC di raih yakni, Puskesmas Tandang Buhit, Puskesmas Sigumpar dan ketiga Puskesmas Borbor. Juga diberikan makanan tambahan yang bergizi kepada lima penderita TBC yang diterima oleh perwakilan keluarga. (hotman/hm17)

Related Articles

Latest Articles