12.3 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Hari Kedua Libur Lebaran, Objek Wisata di Kabupaten Toba Diserbu Pengunjung

Toba, MISTAR.ID

Hari kedua libur hari raya Idul Fitri, Kamis (11/04/2024), sejumlah objek wisata pantai di Kabupaten Toba seperti Pantai Lumban Bulbul, Kecamatan Balige dan Pantai Pasir Putih Parparean, Desa Parparean II, Kecamatan Porsea, mulai diserbu wisatawan dari luar daerah.

Seorang pedagang jagung bakar di Pantai Pasir Putih Parparean, Mak Samuel Boru Sitinjak mengatakan,  hari pertama lebaran, pelancong yang datang masih seperti liburan akhir pekan (weekend) pada biasanya. Namun hari kedua pengunjung bertambah drastis.

“Kemarin masih biasa saja, namun hari ini bisa dikatakan membludak hampir tiga kali lipat dan rata – rata pengunjung dari luar kabupaten ini seperti dari Kota Pematangsiantar dan Kota Medan,” terang Mak Samuel.

Senada disampaikan Ronaldo Napitupulu selaku Penjaga tiket Pantai Pasir Putih Parparean, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toba (Disparbud Toba). Pembelian tiket masuk yang diberikan untuk peningkatan PAD meningkat.

Menurutnya, sejak liburan pada Sabtu (6/4/2024) hingga hari Rabu (10/04/2024) kemarin, ada 17 blok tiket terjual, di mana tiap blok ada seratus lembar.

“Tiket yang paling banyak habis hari ini, Kamis (11/04/2024) baru sekitar pukul 14.00 WIB, hampir sembilan blok habis dan belum bisa di total berapa blok nantinya yang habis hingga malam hari, sementara kemarin hingga malam hanya 7 blok yang habis. Semoga saja kunjungan wisatawan semakin melonjak demi peningkatan PAD dari sektor pariwisata,” ungkap Ronaldo.

Baca juga: Danau Toba di Daerah Parparean Menyimpan Legenda, Ada Batu Ilik Mirip Dinosaurus

Lanjut dia, untuk obyek wisata pantai di Balige seperti Lumban Bulbul tidak kalah dari Pantai Parparean bahkan lebih ramai, karena memiliki pantai yang lebih panjang sehingga mampu menampung pelancong lebih banyak lagi.

“Bahkan ada beberapa tamu yang datang dari Lumban Bulbul ke Pantai Parparean, karena tidak mendapat tempat,” ujarnya.

Disparbud Toba berharap, untuk seluruh wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata dan menikmati keindahan alam Danau Toba di Kabupaten Toba merasa nyaman dan terpuaskan dengan pelayanan pelaku wisata untuk selanjutnya jangan lupa untuk kembali lagi ke obyek wisata Kabupaten Toba. (nimrot/hm17)

Related Articles

Latest Articles