28.6 C
New York
Friday, June 21, 2024

Kecelakaan Lalu Lintas Mudik Lebaran, Jumlah Meninggal 41 Orang

Jakarta, MISTAR.ID

Polri melalui Operasi Ketupat 2024 mencatat kecelakaan lalu lintas terjadi sebanyak 199 di beberapa daerah pada arus mudik Idul Fitri 2024 pada Rabu, 10 April.

Juru Bicara Operasi Ketupat 2024 Divisi Humas Polri Kombes Harry Goldenhardt menjelaskan, dari 199 kejadian tersebut, 41 orang meninggal dunia, 41 orang luka berat, dan 271 orang luka ringan, dengan total kerugian materil sebesar Rp558 juta.

“Dibandingkan hari sebelumnya, tercatat 301 orang mengalami kecelakaan lalu lintas, dengan rincian 26 orang meninggal dunia, 44 orang luka berat, dan 386 orang luka ringan,” ujarnya, Kamis (11/4/24).

Baca juga: Kecelakaan saat Mudik Lebaran, Sebanyak 430 Orang Luka-luka dan 26 Meninggal

Dijelaskan, catatan terbaru Polri soal kecelakaan lalu lintas adalah bus Rosalia Indah di KM 370 Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah, menewaskan tujuh penumpang.

Sopir bus yang selamat dari kecelakaan itu mengalami luka-luka dan mengaku kurang fit untuk mengemudi. Diduga terjadi microsleep sehingga menyebabkan bus melenceng dari jalur.

Goldenhardt juga menyampaikan pesan Kapolri kepada masyarakat yang merayakan Idul Fitri agar tetap berhati-hati dalam berkendara dan menaati peraturan lalu lintas.

“Keselamatan adalah yang terpenting sampai Anda mencapai tujuan,” ujarnya.

Baca juga: Korban Kecelakaan Km 58 Asal Bogor dan Ciamis Teridentifikasi

Ia menegaskan, kepolisian akan terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan hadir dalam kegiatan masyarakat, baik memberikan pelayanan maupun patroli di wilayah yang berpotensi rawan pada Operasi Ketupat 2024.

Ia menyarankan masyarakat mengikuti informasi terkini dari Polri mengenai perkembangan situasi dan kondisi lalu lintas, daya tarik wisata, serta memperhatikan kondisi cuaca dan menjaga kondisi fisik kendaraan.

Menurut Goldernhardt, Polri siap melayani dan memberikan keamanan bagi seluruh pemudik demi keamanan lalu lintas. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles