5.5 C
New York
Friday, April 26, 2024

Pawai MTQ Dimulai dari Depan Gereja HKBP, Bukti Toleransi di Tapsel Terpelihara

Tapsel, MISTAR.ID

Toleransi antar umat beragama di Tapanuli Selatan (Tapsel) masih sangat terjaga dan terpelihara dengan baik. Warga penganut agama berbeda, selalu hidup rukun selama ini.

Pada momen kegiatan keagamaan tertentu, warga berbeda keyakinan selalu mendukung dan membantu demi sukses dan lancarnya acara atau hajatan.

Pemandangan ini, terpancar jelas dari kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Arse, yang digelar dengan Pawai Ta’aruf, mulai dari depan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Lancat Tonga, Selasa (27/2/2024).

“Pawai Ta’aruf tanda dimulainya MTQ di Kecamatan Arse, kita awali dari depan Gereja HKBP Lancat Tonga. Dan berakhir di depan Mesjid Istiqomah lancat Julu, yang merupakan tempat acara MTQ ke-22 Kecamatan Arse,” sebut Camat Arse Sahwan Ritonga sambil menerangkan, kegiatan MTQ ini  berlangsung tanggal 27 sampai 29 Februari malam.

Baca juga: Kelurahan Lubuk Pakam I-II Juara Umum MTQ Tingkat Kecamatan

“Toleransi umat beragama di tengah masyarakat masih sangat kental,” ucapnya.

Pada pawai yang dilepas Camat Arse itu, juga dihadiri Forkopimcam, MUI, Kantor Kemenag, Kepala  Sekolah tingkat SD, SMP, MTSN, SMA, Lurah, Kepala Desa, Kelompok Pengajian Wirid Yassin, BKMT, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, serta para siswa  siswi  mulai tingkat SD, SMP, MTSN, SMA di kecamatan yang merupakan hasil pemekaran dari Sipirok itu.

Kegiatan pawai juga mendapat sambutan dari masyarakat Kecamatan Arse  khususnya masyarakat Lingkungan Lancat Tonga.

Kepala Lingkungan Hendri Siregar bersama Pendeta di Gereja HKBP Lancat Tonga Bondi Simatupang, mengaku salut dan bangga atas pelepasan pawai ta’aruf tanda dimulainya MTQ di Kecamatan Arse 2024.

“Hal ini tentunya merupakan kekayaan yang harus terus dipertahankan. Kita tentu ingin menunjukkan pada daerah bahkan dunia luar,  bahwa kita disini baik-baik saja, dan kita juga ingin menjadi role model, tentang toleransi yang tetap terjaga, di Indonesia,” ungkap mereka. (amran pohan/hm17)

Related Articles

Latest Articles