5.9 C
New York
Monday, April 22, 2024

Sekda Tapteng Mundur! Akui Kerahkan OPD Menangkan Salah Satu Parpol

Tapteng, MISTAR.ID

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Herman Suwito dikabarkan mengundurkan diri dari jabatannya, Rabu (27/12/23). Kabar pengunduran diri tersebut diperoleh dari pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta.

Pengunduran diri Heman Suwito, disebutkan Pj Bupati ada kaitannya dengan dugaan merebaknya isu pengerahan OPD (organisasi Perangkat Daerah) untuk memenangkan salah satu partai politik peserta pemilu.

“Benar, pagi tadi beliau menghadap saya meminta maaf dan mengakui telah melakukan tindakan yang salah sebagaimana di rekaman yang beredar itu,” tulis Sugeng via WhatsApp pada malam, Rabu (27/12/23)

Baca juga: Polres Tanjung Balai Kembali Raih Zona Hijau dalam Penilaian Ombudsman RI

Informasi aktifitas pengerahan OPD tersebut sempat menyebar dari sebuah rekanan suara, dalam rekaman suara tersebut, terdengar suara seseorang yang diduga Sekda Tapteng, Herman Swito, sedang memberikan arahan dalam sebuah ruangan yang tidak diketahui lokasinya.

Pertemuan itu diduga terjadi pada tanggal 13 November 2023, dan dihadiri pimpinan OPD, camat, lurah dan kepala desa.

Suara yang diduga Sekda Tapteng ini meminta seluruh yang ada dalam ruangan untuk memenangkan salah satu partai peserta pemilu.

Usai mengakui kesalahan tersebut, kata Sugeng, Sekda Herman Swito kemudian mengundurkan diri secara resmi.

“Malam ini beliau secara resmi mengajukan surat pengunduran diri sebagai Sekda,” ucap Sugeng.

Sugeng kemudian menunjuk Staf Ahli Bupati, Ermansyah Lubis sebagai Plh Sekdakab Tapteng menggantikan Herman Swito.

“Saya akan meneruskan surat pengunduran diri Pak Sekda ke Mendagri melalui Gubernur untuk mendapatkan SK pemberhentiannya,” terangnya. (syaiful/hm06)

Related Articles

Latest Articles