11.1 C
New York
Sunday, April 28, 2024

PWI Berkomitmen Garda Terdepan Melawan Berita Hoaks

Toba, MISTAR.ID

Komitmen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sebagai garda terdepan melawan berita hoaks melalui penyajian karya jurnalistik.

Hal itu ditegaskan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Farianda Putra Sinik saat menghadiri pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 63 yang digelar PWI Bonapasogit di Balige, Kabupaten Toba, pada Rabu (29/11/23).

“Memasuki memasuki tahun politik. Saya berpesan, tunjukkan, lakukan karya-karya jurnalistik dengan pemberitaan yang sejuk. PWI garda terdepan melawan berita hoax,” ujarnya.

Baca juga:UKW Angkatan 63, Bupati Toba Berharap Betul-Betul Menjadi Wartawan Kompeten dan Profesional

Farianda juga berpesan pada peserta UKW, agar media sebagai penyedia informasi publik melalui pemberitaan yang benar dan mampu melaksanakan tugas dengan profesional.

“Banyak orang yang mengaku dia wartawan, tetapi harus diuji bagaimana kewartawanannya. Artinya, mari bantu sampaikan informasi kepada masyarakat secara transparan,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Toba, Dohar Nainggolan mengapresiasi terlaksananya UKW dan peran media dalam membantu pembangunan di Kabupaten Toba melalui pemberitaan positif.

“Kita juga mengharapkan kedepan peran serta media. Untuk itu, kepada peserta UKW mampu melaksanakan tugas dengan profesional,” harapnya.

Baca juga:Pelatihan dan Orientasi Anggota Muda, Ketua PWI Sumut Inginkan Anggotanya Beretika  

Sementara Bupati Toba, Poltak Sitorus,mendukung pelaksanaan UKW untuk melahirkan laporan berita yang kompeten.

“Saya berharap, agar kemampuan para peserta lolos dan dinyatakan kompeten dengan kemampuan yang baik, serta mampu membuat laporan berita yang jelas dan mudah dipahami pembaca,” ucapnya.

“Kita ingin wartawan yang memiliki kompetensi dan  mampu menyampaikan informasi dengan singkat, padat dan jelas. Pemkab Toba sangat mendukung kegiatan ini dengan segala kekurangannya,” tutup Bupati. (karmawan/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles