11.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

KPw BI Pematangsiantar Gelar Festival Ekonomi Syariah di Tanjung Balai

Tanjung Balai | MISTAR.ID

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar menggelar Festival  Ekonomi Syariah (Fesyar) ‘Gema Syariah Sisi Batas Labuhan’ di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Kota Tanjungbalai, Sabtu (27/4/24) .

Acara dihadiri Sekda Nurmalini Marpaung mewakili Walikota Tanjung Balai H Waris Tholib,
Ketua TP PKK Kota Tanjungbalai, Ny Hj Fatiah Haitami Waris dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar, Muqorobin.

Kepala KPw BI Pematangsiantar, Muqorobin mengatakan, festival ini diawali dengan kegiatan di sekolah dan kampus sejak tanggal 23 hingga 26 April 2024.

Baca juga: Kapolsek Tanjung Balai Selatan Temui Warga, Minta Jauhi Narkoba dan Balap Liar

“Tujuannya adalah untuk menyampaikan peran, fungsi, dan kerja Bank Indonesia sebagai bank sentral kepada masyarakat, khususnya di dunia pendidikan,” ujar Muqorobin.

Festival Ekonomi Syariah 2024, kata Muqorobin, menghadirkan 36 UMKM binaan BI dari berbagai daerah di Sumatera Utara, termasuk Simalungun, Siantar, Batubara, Asahan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, dan Labuhanbatu Selatan

“Selain itu, UMKM lokal Tanjungbalai juga turut memeriahkan acara ini,” imbuh Muqorobin.

Transaksi di FeSyar 2024 hanya menggunakan QRIS, dengan maksimal transaksi Rp10.000 hanya dikenakan Rp1. Menariknya lagi, untuk transaksi di atas Rp10.000, pengunjung mendapatkan diskon Rp10.000 dengan kuota terbatas di setiap stand UMKM.

Suksesnya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pemicu semangat untuk terus mengembangkan ekonomi syariah, seni budaya Islam, dan UMKM di Kota Tanjung Balai dan sekitarnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjung Balai melalui Sekretaris Daerah Nurmalini Marpaung mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Festival Ekonomi Syariah 2024.

“FeSyar 2024 telah sukses menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengenal dan merasakan manfaat ekonomi syariah, serta mendukung UMKM lokal,” kata Nurmalini Marpaung.

Ketua TP PKK Ny Hj Fatiah Haitami Waris mengatakan, kegiatan ini merupakan momen penting untuk mendukung pengembangan ekonomi syariah, seni budaya Islam, dan mempromosikan produk UMKM di wilayah kerja Bank Indonesia.

Baca juga: GP Ansor Tanjung Balai Minta Polisi Serius Berantas Judi dan Narkoba

Dia berharap agar capaian dan kerja keras dilakukan Pemko dapat terus dipertahankan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi di daerah, khususnya di Kota Tanjung Balai.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh para Asisten Pemko Tanjungbalai, perwakilan Bupati Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Asahan, dan Batubara.

Selain itu, hadir pula pimpinan pondok pesantren Al-Assiriyah Nurul Iman Umi Waheeda, ketua MUI Kota Tanjungbalai, ketua Pengadilan Agama Kota Tanjungbalai, dan perwakilan Forkopimda Kota Tanjungbalai. (Saufi/hm22)

Related Articles

Latest Articles