10.4 C
New York
Monday, May 13, 2024

UKW Angkatan 63, Bupati Toba Berharap Betul-Betul Menjadi Wartawan Kompeten dan Profesional

Toba, MISTAR.ID

Bupati Toba, Poltak Sitorus membuka kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 63.

Dimana, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melalui PWI Bonapasogit melakukan kegiatan ini yang didukung Pemkab Toba dan disponsori  PT Inalum Tbk. Kegiatan ini bertempat di Hotel Purnama Balige, pada Rabu (29/11/23).

Poltak menyampaikan, dalam kegiatan ini, seusai lulus mengikuti UKW para peserta diharapkan kedepan agar betul-betul menjadi qartawan yang lebih kompeten dan profesional. Tentunya dikatakan Bupati, profesionalisme itu banyak kriterianya.

Baca juga:Kominfo Tebing Tinggi Gelar UKW, Berharap Jurnalis Semakin Profesional

“Jadi harapan kita kedepannya kriteria-kriteria profesional dapat terpenuhi. Bukan hanya yang ikut ujian namun juga dapat dipraktekkan pada kegiatan-kegiatan wartawan sehari-harinya,” ucap Poltak dalam sambutannya.

Lanjutnya, wartawan yang profesional dan memiliki kemampuan menulis berita dengan baik, dan mampu menghasilkan laporan yang jelas, serta mudah dipahami pembaca, juga terampil dalam mengedit berita.

“Rata-rata orang sekarang tidak mau membaca yang panjang-panjang. Maka ini tantangan bagaimana membuat berita padat, berisi dan semua informasi terkandung semua ada di sana. Jadi tidak ada yang miss informasi semuanya dapat disampaikan pada masyarakat,” tukasnya.

Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik mengatakan, selamat kepada peserta yang mengikuti UKW dan ini suatu langkah agar dapat disebut wartawan. Dikatakan, untuk dapat masuk menjadi anggota PWI Sumut harus melalui tahapan lulus dalam UKW.

Baca juga:PWI Asahan Serahkan Kartu UKW Muda dan Madya ke 32 Wartawan

“Setelah lulus UKW kami uji lagi dan orientasi lagi, jadi tidak gampang untuk masuk menjadi anggota PWI,” ucapnya.

Tambah Farianda, wartawan dalam membuat pemberitaan harus profesional. Dia meminta agar membuat berita yang sejuk dan jangan mengadu domba agar tidak dapat diadukan oleh pihak-pihak yang merasa dirugikan dengan pemberitaan yang disampaikan.

“Jadi saya berharap peserta wartawan yang mengikuti UKW ini semoga lulus. Karena bagi wartawan yang belum UKW kiranya dapat mengikuti, agar dapat disebut kompeten dan profesional,” pungkasnya. (hotman/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles