17.8 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Kominfo Tebing Tinggi Gelar UKW, Berharap Jurnalis Semakin Profesional

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Kepala Dinas Kominfo (Komunikasi dan Informatika) Kota Tebing Tinggi, Dedi Parulian Siagian mewakili Pj. Wali Kota membuka secara resmi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Unit Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi tahun 2023, di Hotel Amanda, Multi Room Kota Tebing Tinggi, Jumat (24/11/223).

UKW yang digelar Pemko Tebing Tinggi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika bersama Pengurus Wartawan Unit Pemko Tebing Tinggi ini, merupakan UKW Angkatan 62 dan diikuti sebanyak 22 orang wartawan yang bertugas di Pemko Tebing Tinggi.

Pj. Wali Kota Drs. Syarmadani, M.Si dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Kadis Kominfo Dedi Siagian, mengatakan bahwa profesi wartawan merupakan profesi yang memiliki peran strategis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Baca juga: PWI Asahan Serahkan Kartu UKW Muda dan Madya ke 32 Wartawan

“Wartawan merupakan ujung tombak dalam menyajikan fakta, mengedukasi, serta menjembatani masyarakat dengan berbagai isu yang terjadi di sekitar kita,” ujar Dedi.

Oleh karena itu, menurut Pj. Wali Kota, uji kompetensi ini menjadi momen yang sangat penting untuk memastikan bahwa wartawan memiliki keterampilan, pengetahuan, dan etika yang diperlukan untuk menjalankan tugas mereka dengan baik, serta sebagai salah satu upaya dalam menciptakan wartawan yang profesional dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap profesi jurnalistik.

“Dalam menghadapi era informasi yang terus berkembang pesat, wartawan dituntut untuk memiliki keterampilan multitasking, kepekaan terhadap isu-isu aktual, dan kemampuan untuk menyajikan informasi dengan objektif dan akurat,” ungkap Kadis Kominfo.

Melalui uji kompetensi ini, Pj. Wali Kota berharap dapat melihat kemampuan terbaik dari setiap peserta untuk menjadi wartawan yang benar-benar berkompetensi dan profesional, serta membawa perubahan positif dalam masyarakat.

Baca juga: Beri Pemahaman Literasi Media, STIK-P dan LPDS Gelar Seminar Nasional dan UKW

“Oleh karena itu, jadilah pewarta yang tangguh, bertanggung jawab, dan selalu setia pada prinsip-prinsip jurnalistik. Selamat mengikuti uji kompetensi ini. Semoga setiap langkah yang teman-teman wartawan ambil hari ini membawa kemajuan dan peningkatan dalam profesi teman-teman sebagai wartawan yang berdedikasi,” tutup Kadis Kominfo mengakhiri sambutan Pj. Wali Kota.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara, H. Farianda Putra Sinik, S.E mengatakan, UKW ini merupakan sebagai upaya untuk membentuk wartawan yang benar-benar profesional dan bersertifikasi.

“Setiap orang boleh menjadi wartawan, namun wartawan yang telah professional tentunya telah melewati proses yang disebut UKW,” ujarnya.

Ketua PWI Sumut, berharap para peserta dapat mengikuti UKW ini tekad dan semangat yang kuat untuk menjadi wartawan yang profesional.

Baca juga: Buka UKW Angkatan 55-56, Musa Rajekshah: Jangan Sampai Lingkungan Pengaruhi Netralitas Wartawan

“Agar seluruh peserta, wartawan unit Pemko Tebing Tinggi tidak minder mengikuti UKW ini. Anggap ini bagian dari pekerjaan Anda sehari-hari, jangan dianggap sebagai bentuk menguji Anda. Selamat mengikuti Uji Kompetensi Wartawan, semoga seluruh peserta dapat melalui UKW ini dengan hasil yang terbaik,” tutupnya.

Pembukaan UKW diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Pengurus Wartawan Unit Pemko Tebing Tinggi kepada Pj. Wali Kota, Kadis Kominfo, Ketua PWI Sumut dan Perwakilan Dewan Pers, serta foto bersama.

Turut hadir dalam acara, Perwakilan Forkopimda, Perwakilan OPD, Kabid Komunikasi Diskominfo Iswan Suhendi, S.STP, M.Si, Perwakilan Dewan Pers Refa Riana, S.Sos, Pengurus PWI Sumut, Pengurus PWI Tebing Tinggi, Pengurus Wartawan Unit Pemko Tebing Tinggi, Dewan Penguji. (Nazli/hm17)

Related Articles

Latest Articles