6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Puncak HUT Langkat ke-274 Meriah, Warga Dapat Hadiah Umroh

Langkat, MISTAR.ID

Acara puncak peringatan Hari Jadi ke 274 Kabupaten Langkat, 17 Januari 2024 diguyur hujan. Namun itu tidak mengurangi semangat masyarakat Langkat untuk ikut merayakannya. Ratusan pelaku UMKM juga ikut memenuhi stand Alun-alun T Amir Hamzah, dan diyakini itu membuat perputaran uang mencapai ratusan juta setiap harinya.

Pada acara resepsi Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH hadir bersama Pj Gubernur Sumut Hassanudin dan para pejabat Pemprov Sumut, Pemkab Langkat, serta unsur Forkopimda Langkat dan lainnya. Resepsi diawali tarian persembahan etnis budaya dan pemotongan nasi tumpeng.

Syah Afandin pada sambutannya, mengajak semua masyarakat Langkat untuk menjadikan HUT ke-274 motivasi untuk terus bergerak memajukan Langkat dengan tetap menjunjung tinggi nilai luhur dan budaya yang sudah pada tatanannya dari semenjak pendahulu.

“Langkat yang penduduknya beragama suku, budaya beserta agama harus jadi penguat antara satu dan lainnya,” tegasnya sembari menyebutkan bahwa  HUT Langkat mengangkat tema ‘Melangkah bersama mewujudkan Langkat sejahtera dan berbudaya’.

Baca juga: Jelang HUT Langkat, Plt Bupati Ziarah dan Doa Hormati Leluhur

Ia juga ingin budaya Melayu dikedepankan, sebagai wujud terima kasih bahwa catatan sejarah menyatakan yang membangun dan mendirikan bumi Langkat ini adalah kerajaan Melayu pada masanya.

Sementara Pj Gubernur Hassanudin menceritakan sedikit sejarah nama Langkat, yang diambil dari sebatang pohon yaitu pohon Langkat yang banyak tumbuh di sekitar sungai Langkat, yang diyakini kerajaan Sultan Langkat berdiri dekat dengan Sungai Langkat.
“Kerajaan Langkat inilah yang mengembangkan Kabupaten Langkat sehingga menjadi besar dan hebat seperti sekarang ini,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pengundian hadiah 2 paket umroh dari Plt Bupati Langkat, 3 paket umroh dari Pj Gubernur Sumut, 1 dari DPR RI Nasril Bahar, bekerja sama dengan PT Alsa Panca Perkasa dan DMDI Langkat. (endan/hm17 )

Related Articles

Latest Articles