13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Puluhan Rumah dan Tanaman di 2 Desa di Dairi Rusak Diterjang Puting Beliung

Dairi, MISTAR.ID
Puluhan rumah dan tanaman milik warga rusak akibat diterjang angin puting beliung di Desa Lae Nuaha Kecamatan Siempat Nempu, dan Desa Lae Bintang Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi, Jumat (21/4/23).

Informasi dihimpun dari warga sekitar bermarga Sinurat, puluhan rumah dan tanaman warga mengalami kerusakan akibat dihantam angin puting beliung.

Dikatakan Sinurat, sekira pukul 16.50 WIB Jumat (21/4/23), didekat tempat tinggal mereka terjadi bencana angin puting beliung disertai hujan deras dan petir.

Jumlah kerusakan rumah dan tanaman milik warga belum bisa dipastikan, namun diakui dia, selain dekat tempat tinggal mereka, di tempat lain juga ada mengalami kerusakan sejumlah rumah yaitu, di Dusun IV Liang Borok Desa Lae Nuaha, yang jumlahnya lewat puluhan unit.

Atap sejumlah rumah berterbangan hingga membuat sejumlah rumah menganga, begitu juga tanaman jagung, cabai, dan lainnya juga mengalami kerusakan parah.

“Belum bisa dipastikan jumlah yang mengalami kerusakan, sebab masih hujan di sini. Tetapi diprediksi lebih dari dua puluhan rumah ini, atap terbuat dari seng pada beterbangan, sampai saat ini belum diketahui ada korban,” kata Sinurat.

Kepala Desa Lae Nuaha, Wahyu Sagala melalui Kepala Dusun IV Bahari Togatorop kepada MISTAR.ID membenarkan puluhan rumah mengalami rusak parah akibat diterjang bencana angin puting beliung yang lumayan lama durasinya, juga disertai hujan deras dan petir hingga membuat warga sekitar sempat cemas.

Data sementara yang dia miliki, rumah mengalami rusak parah di antaranya di Dusun Sikerbo 3 unit, Lae Meang 4 unit, Liang Borok 5 unit, KM Tiga 4 unit, ditambah kerusakan tanaman warga. Kerugian belum bisa dirinci dan pihaknya masih melakukan pendataan .

Sementara, Ka BPBD Dairi Hotmaida Dina Uli Butarbutar ketika dihubungi MISTAR.ID mengaku sudah mendapat informasi bencana tersebut, dan tim dari BPBD sudah langsung turun ke lokasi bencana.

Informasi dihimpun MISTAR.ID di waktu yang sama di Kota Sidikalang Kabupaten Dairi, juga ada kerusakan sejumlah rumah dan kios mengalami kerusakan.

Selain itu, di Desa Lae Nuaha dan Desa Lae Bintang Kecamatan Sidikalang juga lebih dari dua puluh unit rumah mengalami rusak parah akibat diterjang bencana angin puting beliung. Tak hanya itu, arus listrik juga padam di dua desa tersebut.

Hal Ini dibenarkan Kepala Desa Bintang, Aladin Sinaga yang mengakui jika sampai saat ini pihaknya masih di lokasi kejadian.(manru/hm10)

 

Related Articles

Latest Articles