11.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

PON XXI Sumut-Aceh: Atlet Asahan dan Taput Persiapkan Diri

Asahan, MISTAR.ID

Sebanyak 41 orang atlet berasal dari Kabupaten Asahan, saat ini sedang mengikuti pemusatan latihan daerah Pelatda jangka panjang pada 16 cabang olahraga.

Para atlet itu masih dalam pantauan dan pemusatan latihan, serta diproyeksi akan memperkuat kontingen Sumatera Utara pada PON XXI Aceh–Sumut tahun 2024 mendatang.

Sekrataris KONI Asahan, Paringgonan Siregar kepada Mistar, Jumat (26/5/23) mengatakan, pihaknya terus memberiakan dukungan serta motivasi terhadap para atlet melalui pengurus cabang olahraganya.

Baca Juga:Menunggu Gema PON XXI Di Sumatera Utara

“Saat ini ada 41 orang atlet dari Asahan yang mengikuti Pelatda di Medan dalam rangka mempersiapkan diri untuk PON nanti. Kita harapkan mereka terus berlatih dan fokus sehingga pada akhirnya nanti akan terpilih menjadi atlet yang memperkuat cabornya masing-masing,” kata Paringgonan.

Adapun 41 atlet tersebut masing-masing berasal dari cabor atletik, balap sepeda, balap motor (grasstrack), binaraga, bulu tangkis, drumband, e sport, panahan, gateball, panjat tebing, sambo, selam, tarung derajat, tenis meja, tinju dan pencak silat.

“Kalau atlet-atlet berprestasi mudah–mudahan tetap ada di Asahan ini dan mereka tidak hanya berbicara di kancah nasional, melainkan sudah sampai ASEAN seperti atlet Agustina Manik di Sea Games 2021 lalu meraih medali perak di nomor 800 meter putri,” ujarnya.

Baca Juga:PON XXI Sumut-Aceh, Kadispora: Nanti Ya, Masih Proses ini Semua

Untuk diketahui, sebelumnya para atlet Asahan yang terpilih ini sudah dalam pemantauan di cabornya masing–masing dan dimulai dari Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) pada Desember 2022 lalu meraih 10 emas, 18 perak dan 36 perunggu.

“Inilah sebenarnya yang kita harapkan. Anak-anak dari Asahan tetap bisa berbicara dengan prestasi dan menjadi bank atlet bagi Sumatera Utara untuk PON nanti,” tambahnya.

Sama halnya dengan Asahan, KONI Kabupaten Tapanuli Utara pun turut mempersiapkan para atletnya untuk berlaga di PON XXXI. Hal tersebut disampaikan Ketua KONI Koni Tapanuli Utara, Robin Sianturi,Jumat (26/5/23) kepada Mistar.

Baca Juga:PON XXI Sumut-Aceh: Pematang Siantar Siap Jadi Tuan Rumah?

“Kita telah mempersiapkan cabang olahraga dan atlet untuk mengikuti PON yang akan datang,” katanya.

Hanya saja Robin menjelaskan, untuk saat ini pihaknya belum tau kapan berangkat para atlet asal taput tersebut. “Belum tahu kapan diberangkatkan karena sampai saat ini belum ada kita terima surat dari KONI Sumatera Utara,” jelasnya. (perdana/fernando/hm01)

Related Articles

Latest Articles