18.9 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Pemko Tebing Tinggi Tanda Tangani MoU Bersama Kejari di Bidang TUN

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi dan Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) atau piagam kesepakatan bersama bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN), Selasa (28/2/23) di ruang Aula Balai Kota.

Kajari Tebing Tinggi, Sundoro Adi menaruh harapan dengan adanya kesepakatan ini, bisa dimanfaatkan oleh seluruh jajaran Pemko Tebing Tinggi. Dan tidak adanya lagi seperti pemahaman sebelumnya, dengan ada nya MoU ini kemudian muncul perjanjian kerjasama per OPD.

“Karena Bapak Pj Wali Kota sudah bertindak untuk dan atas nama Pemko Tebing Tinggi, sudah melingkupi daripada seluruh OPD yang ada di jajaran Pemko Tebing Tinggi. Kedepan, OPD yang membutuhkan kewenangan yang ada di kejaksaan tentu melalui Bapak Pj Wali Kota, dapat langsung mengajukan permohonan kepada pihak kami. MoU ini tidak berarti otomatis namun mengajukan permohonan untuk ditelaah tindakan apa yang diperlukan,” ungkap Kajari.

Baca Juga:Pemko Siantar dan UISU Lakukan MoU Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Hal senada disampaikan Penjabat Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi. Dalam sambutannya Dimiyathi menjelaskan, terkait MoU ini ada hal terkait yang perlu dengan kejaksaan. Kepada masing-masing OPD untuk mengajukan kepada kami untuk selanjutnya dikoordinasikan dan ditindaklanjuti dengan Kejari.

“Ini perlu kita sikapi, khususnya kepala OPD karena Kejaksaan ini adalah mitra kerja kita yang melakukan pendampingan terhadap kegiatan kita, yang mungkin memerlukan pendapat atau masukan bagi kita dalam membuat program kegiatan daerah,” kata Dimiyathi.

Sebelumnya Kabag Hukum Setdako Siti Masita Saragih selaku panitia melaporkan bahwa kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sebagai sarana untuk mensosialisasikan kepada Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah se-Kota Tebing Tinggi, akan Tugas dan Fungsi Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi dalam mendukung pelaksanaan Pembangunan di Kota Tebing Tinggi.

Baca Juga:Teken MoU, Kejari Medan-UMSU Launching Program Jaksa Sahabat Mahasiswa

“Dan pada kesempatan ini juga akan dilaksanakan Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kota Tebing Tinggi dengan Kejaksaan Negeri tentang Penanganan Masalah Hukum di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara di Lingkungan Pemerintah Kota,” ujarnya.

Dalam rangkaian acara penandatanganan MoU, dilanjutkan sosialisasi tentang tugas dan fungsi Bidang Datun Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi. Kegiatan dihadiri Sekwan DPRD M Saat Nasution, Kepala SKPD atau mewakili, camat dan para lurah se Tebing Tinggi.(nazli/hm15)

Related Articles

Latest Articles